Tiga Segmen Cara Penanganan Covid Ala Pemkab Jayapura

Elisa Yarusabra  (tengah). Ft Robert Mboik/Ceposonline

SENTANI- Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung telah menyiapkan sejumlah program kegiatan berkaitan dengan penanganan Covid 19 di wilayah Kabupaten Jayapura.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra mengatakan untuk penanganan penyebaran Covid 19 di Kabupaten Jayapura, pemerintah daerah menyiapkan tiga segmen untuk kegiatan penanganannya.
“Pertama kita salurkan dana untuk pencegahan, kedua BLT dan ketiga kita siapkan anggaran untuk ketahanan pangan,” ungkap Elisa Yarusabra kepada wartawan di Posko Covid 19 Kabupaten Jayapura,Kamis (30/4/).
Dia mengatakan, mengenai kegiatan pencegahan itu sudah dilakukan dengan menyalurkan Alokasi Dana Desa sebesar Rp100 juta, di mana anggaran itu disalurkan dalam bentuk barang dan APD senilai Rp 31, 6 juta kemudian Rp68, juta sekian digunakan untuk kegiatan kegiatan pencegahan di kampung. Kedua untuk bantuan langsung tunai juga diambil dari alokasi dana desa sebesar Rp30 persen dari total pagu anggaran dari masing masing kampung. Ketiga pemerintah daerah akan menyiapkan dana ADK sebesar 100 juta rupiah perkampung untuk program ketahanan pangan dari masing masing kampung. Program ketahanan pangan ini akan mendorong masyarakat di kampung untuk mengelola lahan pertanian dengan memanfaatkan semua potensi lokal yang ada.
“Kita akan rubah ADK, 100 juta rupiah dari alokaai dana kampung akan dialokasikan untuk ketahanan pangan. Dana itu akan langsung di serahkan oleh setiap kepala kampung,” paparnya.
Dia mengatakan, selama ini maayarakat sempat mempersoalkan alokasi anggaran dana 100 juta rupiah yang sebenarnya hanya digunakan untuk kegiatan pencegahan ditingkat kampung.
“Pemerintah tidak potong uang itu, uang dari pemerintah bagaimana mungkin pemerintah memotong dana itu. Itu hanya salah pengertian saja, dana 100 juta yang awal itu khusus untuk pencegahan bukan untuk bantuan” tambahnya. (roy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *