PT.FI Salurkan Bantuan bagi Masyarakat Kamoro dan Amungme

Penyaluran bantuan dari PT Freport Indonesia kepada masyarakat Kamoro dan Amungme.

TIMIKA- Di tengah pandemi Covid-19, PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui Divisi Community Affairs terus melakukan berbagai upaya untuk membantu masyarakat di sekitar area operasi perusahaan. Salah satunya dengan memberikan bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan kepada masyarakat Amungme dan Kamoro (AMOR) yang tinggal di sekitar area operasi perusahaan.

   Dalam pemberian bantuan ini, PTFI berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika dan bekerjasama dengan Dinas Koperasi Ekonomi Kreatif serta UMKM Mimika.

   “Kami sadar betapa pandemi telah membawa berbagai macam dampak yang tidak diinginkan bagi kehidupan hampir setiap lapisan masyarakat. Dalam melalui masa-masa penuh tantangan ini, kami berusaha untuk terus mendukung Pemerintah Mimika dalam memastikan kebutuhan pokok warga, seperti bahan makanan, dapat tetap terpenuhi,” ujar Direktur Community Affairs dan Social Responsibility PT Freeport Indonesia Claus Wamafma dalam rilis yang diterima Cenderawasih Pos tadi malam.

    Sejak Kamis (9/4) bantuan tahap pertama sudah disalurkan secara bertahap kepada masyarakat Kamaro di lima desa, yaitu Desa Koperapoka, Desa Ayuka, Desa Tipuka, Desa Nawaripi, dan Desa Nayaro serta masyarakat Ex-Banti yang mengungsi ke Timika karena gangguan keamanan. Bantuan ini  diberikan untuk membantu sekitar 4.500 jiwa dalam bentuk 2.132 sak beras, 6.000 liter minyak goreng, 4.800 dus mi instan, telur, susu dan makanan bayi.

   “PTFI masih terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk dapat menyalurkan bantuan kemanusiaan ini bagi masyarakat di wilayah lain,” lanjut Claus.

   Bantuan tahap kedua akan dilakukan dengan mekanisme yang sama mulai akhir April. Pengadaan bantuan tahap kedua dilakukan atas kerjasama Tim Community Affairs PTFI, Koperasi Mimika Bintang Laut (KMBL), Pemerintah Daerah dan  dengan pengusaha lokal binaan PTFI sebagai supplier.

    Selain menyediakan bahan makanan bagi masyarakat, PT Freeport Indonesia melalui Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) juga telah memberi bantuan penanganan Covid-19 kepada Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua dan Pemerintah Pusat. “Mari kita saling bekerja sama, melakukan apa yang kita bisa, untuk mendukung satu sama lain dalam melalui pandemi ini,” tutup Claus. (tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *