RSUD Yowari Tangani Tiga Pasien Paru Positif Covid 19

Khairul Lie (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Rumah Sakit Umum Daerah Yowari, Kabupaten Jayapura saat ini kembali merawat dan mengisolasi tiga pasien baru yang dinyatakan positif Covid 19 di Kabupaten Jayapura setelah tim medis melakukan pemeriksaan sebanyak dua kali.

Juru bicara penanganan percepatan Covid 19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan tiga pasien baru positif Corona ini berasal dari riwayat kontak erat dengan pasien positif pertama dengan kode Y9 yang saat ini masih dirawat intensif ruang isolasi RSUD Yowari Jayapura.

“Hari ini ada tiga pasien baru yang dinyatakan positif Corona dirawat di RSUD Yowari,” kata Khairul Lie saat dihubungi media ini, Selasa (7/4).

Dengan adanya penambahan 3 kasus baru maka di Kabupaten Jayapura saat ini telah memiliki 5 kasus positif Covid 19. Sedangkan komulatif PDP sebanyak 19 orang.

Dia menjelaskan, riwayat dari tiga pasien baru yang positif Covid 19 yang saat ini sedang dirawat di RSUD Yowari itu merupakan wilayah kontak erat dengan pasien pertama yang saat ini juga masih dirawat di rumah sakit yang sama. Di mana diketahui pasien pertama dengan kode Y9 itu merupakan pasien yang terlebih dahulu melakukan kontak erat dengan salah satu warga Sarmi yang saat ini juga sudah dinyatakan positif Covid 19.

“Jadi 3 bagian baru yang ada di Kabupaten Jayapura saat ini merupakan kontak erat dengan pasien pertama Y9, jadi kontak satu rumah, antara lain ada anak dan yang dulu saya sebut dan kita telusuri dan diketahui saudaranya yang lakukan perjalanan ke Sarmi dan dua kali melakukan perjalanan ke Sarmi, jadi memang kita harus hubungi Sarmi untuk mengatakan supaya mereka melakukan pengawasan yang ketat,” bebernya.

Untuk diketahui, riwayat munculnya pasien pasien positif Covid 19 di Kabupaten Jayapura saat ini diduga dibawa masuk oleh salah satu warga Sarmi yang mengikuti kegiatan di Makassar. Kemudian yang bersangkutan melakukan kontak dengan keluarganya yang ada di Sentani yang mana dari keluarga inilah yang menjadi presiden pertama positif Covid 19 dengan kode Y9 dan dirawat di RSUD Yowari. Namun setelah ditelusuri riwayatnya tim gugus tugas penanganan percepatan Covid 19 Kabupaten Jayapura melakukan penelusuran terhadap asal mula kasus ini dan diketahui Y 9 ini telah melakukan kontak erat dengan salah satu warga Sarmi yang datang dari Makassar. Saat ini juga keluarga Sarmi tersebut sudah dinyatakan positif dengan nomor kode pasien Y22 dan dirawat di RSUD Yowari Jayapura.

“Jadi pasien saat ini yang baru Y20, Y21 dan Y22. Y22 inilah warga yang ikut kegiatan diluar dan sudah kita lakukan tes sebanyak 2 kali dan hasilnya positif,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *