Kasus Positif dan Meninggal Dunia Bertambah

Perpanjangan Masa Pembatasan Sosial Diputuskan Hari ini

JAYAPURA-Kasus positif Coronavirus Disease (Covid-19) di Provinsi Papua terus bertambah. Mengacu pada data Satgas Covid-19 Provinsi Papua yang dikeluarkan Selasa (7/4) pukul 19.00 WIT kemarin, terdapat penambahan lima kasus positif Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule mengungkapkan, lima kasus positif Covid-19 tersebut terdiri dari satu kasus di Kota Jayapura, satu kasus di Kabupaten Mimika dan tiga kasus di Kabupaten Jayapura. Kelima pasien positif ini disebutkan berada dalam kondisi sakit ringan sampai sakit sedang.

“Dengan demikian, jumlah kasus positif secara kumulatif meningkat dari 26 kasus menjadi 31 kasus. Dari total 31 kasus positif tersebut, lima pasien di antaranya telah sembuh, empat pasien meninggal dunia, dan 22 pasien tengah mendapat perawatan dalam kondisi sakit ringan, sedang, maupun berat. Tiga pasien di antaranya menggunakan alat bantu pernafasan,” jelas dr. Silwanus Sumule dalam video conference, Selasa (7/4) kemarin.

Selain itu, bukan hanya kasus positif saja yang bertambah, melainkan jumlah pasien positif yang meninggal dunia juga meningkat. Terdapat penambahan dua pasien meninggal dunia, sehingga total ada empat pasien positif yang meninggal dunia.

Dua tambahan pasien positif yang meninggal dunia ini diketahui masing-masing satu pasien di Kota Jayapura, dan satu pasien lainnya di Kabupaten Mimika.

“Kedua pasien yang meninggal telah dimakamkan sesuai dengan protokol yang dianjurkan dan disarankan. Baik oleh Kementerian Kesehatan maupun Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization  (WHO),” terangnya.

Dikatakan, berdasarkan data tersebut, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke masih mendapat perhatian khusus dalam penanganan Covid-19. Sebut saja, di Kota Jayapura terdapat 13 kasus positif, di mana delapan di antaranya tengah dirawat, tiga kasus dinyatakan sembuh, dan dua kasus meninggal dunia.

“Kemudian, di Kabupaten Jayapura terdapat lima kasus positif, yang mana semua pasiennya saat ini tengah mendapat perawatan. Untuk Kabupaten Mimika, terdapat sembilan  kasus positif. Dimana tujuh kasus di antaranya tengah mendapat perawatan, dan dua kasus meninggal dunia. Sementara untuk Merauke, terdapat empat kasus positif. Dimana dua di antaranya tengah dirawat dan dua lainnya telah dinyatakan sembuh,” tambahnya.

Untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) mengalami penurunan sebanyak 236 orang, dari 3498 menjadi 3262 orang. Sementara untuk Pasien Dalam Perawatan (PDP) juga mengalami penurunan 1 pasien, sehingga kini total PDP terdapat 44 pasien. (gr/dil/roy/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *