RSUD Yowari Kekurangan APD

Khairul Lie (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, saat ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari, Kabupaten Jayapura sudah ditetapkan sebagai salah satu rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien pandemi Covid-19. Namun dia mengaku, sampai saat ini pihaknya masih kekurangan Alat Pelindung Diri (APD).

“Kami masih kekurangan APD di RSUD Yowari, hanya tersisa 8 Pcs saja,” kata Khairul Lie saat dihubungi media ini, Kamis (26/3).

Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu pengiriman dari pusat sebanyak 100 Pcs, hanya saja pengirimanya terhambat oleh karena pembatasan akses penerbangan ke  Papua. Mengenai masalah itu, kata dia, pihaknya sudah membentuk tim gugus tugas yang khusus mengurus bagian logistik.

Tim tersebut beranggotakan, apoteker, pihak Lanud Silas Papare dan sejumlah pihak lainnya yang berkompeten.

“Kami juga sudah bahas, mengenai pembatasan penerbangan ini, mungkin akan diupayakan melalui Lanud supaya dapat dikirim menggunkan Hercules,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam sehari petugas medis baik dokter maupun perawat membutuhkan APD sebanyak 12 APD. Menurutnya, untuk menutup kekurangan itu,   Direktur RSUD Yowari sudah berkomunikasi dengan pihak provinsi untuk menambah pasokan APD ke RSUD Yowari.

Lebih lanjut dikatakan, secara umum pihaknya sudah mengusulkan sebanyak 1200 APD yang harus dipersiapkan selama siaga Covid 19 ini.

Namun itu akan didatangkan secara bertahap. RSUD Yowari membutuhkan 1.200 Pcs APD. Sementara itu, hingga saat ini empat PDP yang masih diisolasi di RSUD Yowari tetap terpantau baik. Belum ada penambahan untuk jumlah PDP tersebut. Sedangkan ODP saat ini tersisa 120 orang. Jumlah ini terus berkurang setelah beberapa orang lainnya sudah dinyatakan bebas Corona. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *