Minggu Depan, PN Merauke Terapkan  Sidang Online

MERAUKE- Menyikapi   merebaknya  pandemi Corona Virus,    Pengadilan Negeri Merauke   akan menerapkan  sidang  secara online  mulai  minggu depan.   Sidang secara online  ini  dilakukan untuk menghindari  kontak langsung  dengan  para terdakwa yang disidangkan tersebut.

   Humas Pengadilan Negeri  Merauke Rizki Yanuar, SH, MH,  mengungkapkan bahwa  untuk sidang online ini akan dimulai Senin (30/3).   “Baru saja kami mendapat instruksi  dari Ketua Pengadilan  Tinggi Papua dalam teleconference, yang mana dapat disimpulkan   pada pokoknya untuk penanganan  perkara perdata   sudah beberapa  waktu lalu kita ada sistem  elitigasi. Elitigasi  untuk jawab menjawabnya itu  dilakukan  lewat  media elektronik saja.  Dan dengan kondisi yang terjadi sekarang  sebenarnya itu memudahkan dan beberapa  waktu   sudah kita terapkan.   Jadi untuk  perkara perdata   tidak ada kendala karena kita sudah    terapkan selama ini,’’ jelasnya.

  Sementara  untuk perkara pidana,   pihaknya  akan melakukan  koordinasi dengan  pihak-pihak terkait    dalam hal ini  pihak kejaksaan maupun dari Lapas Merauke. “Kita  akan   formulasikan  rencana sidang online tersebut,’’ jelasnya.   

   Rizki Yanuar  menjelaskan   tehnis  untuk sidang  online  ini  dimana  hakim  dan jaksa  tetap   berada di  ruang sidang   di pengadilan Negeri Merauke. Sedangkan  terdakwanya    berada di   Lapas Merauke dengan menggunakan  layar   kaca. “Ya sidangnya  secara online. Terdakwa tidak dihadirkan secara langsung  di  dalam persidangan di Pengadilan  tapi    mengikuti di  Lapas Merauke,’’ jelasnya.

   Rizki Yanuar  menjelaskan bahwa  sidang  pidana  ini harus tetap  berjalan karena berkaitan   dengan hak asasi  dari para  terdakwa  tersebut  yakni menyangkut  tahanan.  Sebab, jika   masa tahanannya    habis, maka otomatis  harus   dikeluarkan dari Lapas  tempat mereka dititipkan sebelum ada putusan pengadilan. (ulo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *