ODP Meningkat, Satu PDP Dirujuk ke RSUD Abepura

Khairul Lie (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19  di Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Jayapura saat ini meningkat menjadi 130 orang dari sebelumnya 123 orang. Sementara itu ada satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sudah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura.

“Satu PDP saat ini telah dirujuk dari RSUD  Yowari ke RSUD Abepura guna dilakukan upaya lanjutan seperti pengambilan sampel kemudian dikirim ke Jakarta guna pemeriksaan lanjutan,” kata  Khairul Lie saat ditemui wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Senin (23/3).

Sehubungan dengan itu, kata dia, ada dua orang pasien dalam pantauan tim medis karena diketahui telah melakukan kontak dengan satu pasien PDP tersebut. “Dua orang yang melakukan kontak dengan satu pasien PDP ini sedang dalam pemantauan kami di RSUD Yowari,” ujarnya.

Ia memastikan, satu orang PDP yang sudah dirujuk itu sudah menunjukkan gejala klinis, sehingga diapun harus dirujuk ke rumah sakit yang sudah ditunjuk. Perlu diketahui, satu PDP ini merupakan pasien yang sebelumnya telah melakukan perjalanan dari daerah terpapar yaitu Jakarta dan yang bersangkutan sudah menunjukkan gejala sakit.

“Memang dua orang yang dekat dengan PDP, kita sudah masukkan ke dalam RSUD Yowari dan mereka masuk dalam pemantauan. Selama di rumah sakit, mereka ditempatkan di ruang isolasi sehingga ketika ada penularan bisa dengan cepat dibatasi,”ujarnya.

Dia menambahkan, untuk hasil pemeriksaan laboratorium terhadap pasien yang berstatus PDB itu sedang menunggu hasil pemeriksaan lab dari pusat. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *