Tingkatkan Produksi Madu, Distan Pengadaan 50 Kotak dan Lebah

Hendri Tetelepta (Denny/Cepos)

WAMENA-  Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian (Distan) Jayawijaya Hendri Tetelepta mengungkapkan bahwa tahun ini pihaknya akan melakukan pengadaan 50 kotak lebah madu untuk diberikan sebagai bentuk dorongan peningkatan produksi madu bagi pembudidaya lebah madu di Wamena.

   Menurut Hendri, kotak dan lebah bantuan akan dibeli dari pembudidaya lebah madu di Kampung Sinakma, Jayawijaya. Artinya kotak maupun lebahnya itu dikembangkan di Jayawijaya dan tak diambil dari luar Papua.

  “Pada tahun 2018 kita pesan dari Sinakma, dan tahun ini juga demikian karena lebah Jayawijaya berbeda dengan lebah yang didatangkan dari luar Papua, baik dari bentuk tubuh maupun warna serta ketahanannya terhadap iklim disini.” ungkapnya Sabtu (21/3) kemarin

  Kata Hendri , lebah madu Jayawijaya merupakan satu produk unggulan lokal sehingga pemerintah terus mendorong pembudi daya lebah madu untuk lebih giat lagi. Data pemerintah Jayawijaya menyebutkan hingga pada tahun 2019 terdapat 165 kotak madu di beberapa kelompok tani.

  “Untuk produksinya, berdasarkan data terakhir tahun 2019 itu mencapai 9.975 liter per tahun. Satu tahun tiga kali panen,” katanya.

   Untuk produksi madu  di Jayawijayajuga memang sangat dipengaruhi  musim bunga, dimana saat musim bunga bisa setahun 4 kali panen madu. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *