RSUD Wamena Siapkan 2 Ruang Isolasi Covid -19

dr. Felly Sahureka (Denny/ Cepos)

WAMENA-Direktur RSUD Wamena dr. Felly Sahureka  mengungkapkan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan dua  ruang isolasi bagi penanganan pasien Covid -19. Tempat isolasi ini untuk perawatan sementara sebelum dirujuk ke RSUD Jayapura, bila  ditemukan ada pasien yang positif corona di Jayawijaya.

  “Namun ruang isolasi ini masih perlu dilakukan renovasi dan penambahan alat ventilator untuk melengkapi ruangan tersebut.”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos Kamis (19/3) usai dialog interaktif.

  dr Felly mengaku butuh dukungan pemda untuk  penyediaan ruang isolasi ini. Terutama untuk alat ventilator yang harganya cukup mahal. Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan disarankan untuk bersurat kepada kementrian kesehatan seperti yang dilakukan RSUD Dok II Jayapura guna mendapatkan bantuan alat tersebut.

  “Alat Ventilator kami memang ada, namun digunakan untuk ruangan ICU dan alat itu juga mahal, sehingga kami harapkan ada bantuan dari kementrian kesehatan,”kata dr Felly Sahureka

   Selain itu, ia juga menyatakan jika dalam penanganan pasien Covid -19 petugas kesehatan RSUD Wamena juga membutuhkan alat perlindungan diri (APD), dimana saat ini APD ini memang langka dimana -mana tetapi pemda sudah membantu Rumah sakit.

  “Informasi terakhir ada 200 unit namun karena itu dipesan dari Jakarta sehingga kami lagi menunggu pengiriman, namun dari Provinsi saya mendapat informasi hanya ada 20 saja karena memang APD ini terbatas mungkin yang ada dulu digunakan,”jelasnya.

  Ia juga menegaskan jika Saat -saat seperti ini petugas kesehatan yang ada di garda terdepan untuk  mempertaruhkan semua kehidupan untuk kepentingan melayani pasien. Itu artinya petugas kesehatan tidak bisa konyol dan juga butuh alat perlindungan diri dalam merawat pasien.

“Untuk perawat yang akan dilibatkan kalau hitungannya hanya 12 sampai 16 orang karena mereka harus membagi shif untuk menjaga kondisi kesehatan mereka sehingga mereka tidak sakit,”tegasnya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *