Biaya Kuliah Kedokteran UI Capai Rp 625 Juta

JAKARTA, Jawa Pos – Masa penerimaan mahasiswa baru sedang berlangsung. Diantara isu yang kerap jadi perbincaan di tengah penerimaan mahasiswa baru adalah besaran uang kuliah. Misalnya untuk menjadi dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) mematok biaya sampai Rp 625 juta.

Sepanjang hari kemarin berseliweran pesan berisi biaya kuliah di FK UI. Dalam pesan itu tertulis bahwa uang pangkal FK UI dipatok Rp 75 juta. Kemudian SPP Rp 20 jutaan setiap semester. Kemudian yang paling mahal adalah biaya program double degree mencapai Rp 625 juta. Perguruan tinggi yang digandeng untuk program double degree ada di Australia dan Inggris.

Dekan FK UI Ari Fahrial Syam program double degree hanya berlaku untuk kelas khusus. Yakni kelas internasional dengan durasi hanya satu tahun. Sementara itu mahasiswa UI terdiri dari banyak kelompok saringan masuk. Selain program kelas internasional, ada mahasiswa program SNMPTN, SBMPTN, Simak (Seleksi Masuk) UI atau jalur mandiri.

’’Biaya (SPP, Red) dari Rp 0 sampai Rp 15 juta per semester. Tanpa uang pangkal,’’ katanya kemarin (28/2). Biaya kuliah yang relatif terjangkau ini berlaku untuk mahasiswa dari program SNMPTN, SBMPTN, dan Simak UI. Ari menegaskan bahwa program double degree hanya untuk kelas internasional saja.

Di dalam website pendaftaran mahasiswa baru, kelas internasional dibuka untuk 25 program studi (prodi). Diantaranya adalah prodi pendidikan dokter kelas khusus internasional double degree dan pendidikan dokter gigi gelar tunggal.

Tahun ini prodi pendidikan dokter kelas khusus internasional double degree membuka kuota 24 kursi untuk kategori talent scouting. Tahun lalu pendaftar untuk kategori ini sebanyak 246 orang. Selain itu ada juga kuota untuk Simak UI sebanyak 36 kursi. Tahun lalu pendaftar kategori ini berjumlah 278 orang.

Mahasiswa yang mengikuti program double degree di UI mendapatkan gelar ganda. Yakni gelar dokter dan sarjana dari UI. Kemudian gelar Bachelor of Medical Science dari Monash University atau University of Melbourne atau gelar Master of Research dari University of Newcastle Upon Tyne.

Di dalam brosur promosi kuliah kelas internasional FK UI itu dirinci biaya kuliahnya. Yakni uang masuk atau admission fee Rp 100 juta. Kemudian SPP Rp 46 juta/semester. Kemudian kampus mitra di luar negeri juga memungut biaya pendidikan. Monash University dan Melbourne University sebesar AUD 65 ribu atau sekitar Rp 605 juta setahun. Kemudian University of Newcastle Upon Tyne memungut 10 ribu poundsterling atau sekitar Rp 351 juta. (wan/JPG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *