Finalisasi Venue Cabor Setiap Klaster

Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XX Papua, Suwarno (tengah) didampingi oleh Wakil Ketua Harian PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi (kiri) saat memberikan keterangan, Kamis (22/2) di Jakarta

JAYAPURA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) melakukan finalisasi venue cabang olahraga per klaster bersama Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua 2020 di Jakarta, Kamis (27/2) siang kemarin.

“Rapat ini kita finalisasi seluruh venue cabang olahraga per masing-masing klaster penyelenggara PON, untuk venue cabor sudah final,” kata Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XX Papua, Suwarno dalam rilisnya.

Dalam proses penetapan venue ini, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dari Papua sebagai tuan rumah PON XX tahun 2020. Dimana, masih memerlukan perbaikan atau renovasi beberapa venue.

Oleh karena itu, pihaknya meminta PB PON Papua untuk melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua maupun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

Sementara itu, Wakil Ketua Harian PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi, mengatakan ada beberapa hal penting yang perlu diketahui oleh SUB PB PON di masing-masing klaster. Dimana, KONI Pusat dan PB PON Papua akan membentuk Kelompok Pokja (Pokja) yang akan mendampingi SUB PON PON di klaster.

“Jadi, dengan membentuk Pokja yang terdiri dari Tim Pengawas dan Pengarah (Wasrah) Technical Delegate. Mereka akan mendampingi dan membantu SUB PB PON di klaster, sehingga Ketua Tim Panwasrah hanya melakukan review jika ada hal yang harus menjadi catatan penting,” kata Yusuf.

Yusuf  juga mengapresiasi kehadiran dari Sub PB PON Kabupaten Jayapura maupun Bidang Pertandingan, Arena dan Upacara dalam rapat kordinasi dan sinkronisasi ini. Menurutnya, bidang pertandingan adalah roh dari pelaksanaan pertandingan setiap cabang olah raga event Nasional empat tahunan itu.

Pada ajang PON XX akan dibuka secara resmi pada 20 Oktober 2020 , di Stadion Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura. PON Papua akan mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabor, 679 nomor pertandingan/perlombaan. (eri/gin)

Berikut daftar cabor per klaster:

Kabupaten Mimika:

Aeromodeling, Terbang Layang, Terjung Payung, Atletik, Bola Basket, Biliar, Panjat Tebing, Futsal, Bola Tangan, Judo, Tarung Derajat.

Kabupaten Merauke:

Bermotor, Catur, Wushu, Anggar, Sepak bola Putri.

Kota Jayapura:

Renang Perairang Terbuka, Angkat Besi, Angkat Berat, Binaraga, Softabll, Voli Indoor, Voli Pasar, Dayng (Canoeng, Rowing, Traditional Boat Race) Layar, Taekwondo, Karate, Pencat Silat, Selam Laut, Sepak Takraw, Sepatu  Roda, Sepak bola Putri, Tenis, Bulutangkis dan Tinju.

Kabupaten Jayapura:

Gantole, Paralayang, Lancat Indah, Renang, Renang Artistik, Polo Air, Hoki Outdoor dan Indoor, Baseball dan Sotfball, Senam Aerobik, Senam Artistik, Senam Ritmik, Muaythai, Senam Kolom, Kempo, Rughby 7’S, Menembak, Criket, Sepak bola  dan Panahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *