Tingkatkan Keahlian, Sejumlah OAP Ikuti Pelatihan Membatik

Plt Kadis Koperasi dan UKM Jayapura, Timothius J. Demetouw saat membuka pelatihan membatik di Telaga Ria, Senin (24/2).Robert Mboik Cepos

SENTANI- Untuk meningkatkan kemampuan membatik  bagi pelaku usaha batik Orang Asli Papua (OAP), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Koperasi dan UKM memberikan pelatihan bagi puluhan OAP  pengerajin batik Papua di Balai Latihan Kerja, Telaga Ria, Senin (24/2).

Plt Kadis Koperasi dan UKM Jayapura, Timothius J. Demetouw mengatakan, pelatihan keterampilan membatik bagi pelaku UKM di Kabupaten Jayapura itu, rencananya akan berlangsung selama 10 hari dari 24 Februari – 5 Maret 2020. Selama 10 hari pelatihan, para peserta akan praktek langsung, mulai dari cara mencampur warna yang benar sampai pada proses menggambar pada kain.

“Membatik bukanlah hal yang mudah, untuk dapat menghasilkan kain batik berkualitas, butuh keahlian dan ketekunan, beragam pola dan corak pada kain batik tidak sembarang membuatnya,” katanya saat pembukaan kegiatan itu.

Dia berharap,  pelatihan itu adalah kesempatan bagi masyarakat khususnya bagi para pengerajin  batik.

Ia berpendapat, Kabupaten Jayapura dengan sejuta pesona alamnya bisa dituangkan untuk menghiasi berbagai kain dengan gambar rupawan menarik minat orang. Karena melalui seni membatik, kekayaan alam Papua bisa terus dilestarikan dan dapat dibanggakan hingga ke penjuru dunia.

Sementara itu, Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura, Yuli mengtakan, umumnya kendala yang sering ditemui adalah profesionalme sumber daya manusia yang relatif masih sangat terbatas sehingga mengakibatkan kelemahan mendasar yaitu, keterbatasan memanfaatkan teknologi, keterbatasan sumber permodalan, kelemahan di bidang usaha ekonomi mikro kecil dan menengah,”imbuhnya.

Dia menambahkan,  kegiatan itu juga  bertujuan meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam mengelola dan mengembangkan usahanya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *