Dosen Ini Berhasil Masak Telur Hanya Menekan Tombol Alat Ini

Dosen Kimia FMIPA Uncen, Darwanta S.Si, M.Si bersama dua mahasiswanya menunjukkan prototipe kompor gas bangkit (Ko Gas Bang) dihari kedua Dies Natalis FMIPA Uncen, Selasa (25/2). Kompor ini fungsinya sangat mirip dengan kompor gas umumnya.

JAYAPURA – FMIPA Uncen kembali menelorkan hasil penelitiannya. Kali ini dari jurusan Kimia yang memamerkan sebuah produk berbentuk kompor Meski baru prototipe namun jika ini dikembangkan maka diyakini tak ada bedanya dengan kompor gas umumnya mengingat fungsi dan proses operasi juga mirip.

Hanya yang membedakan adalah jika kompor gas menggunakan tabung gas yang berat dan menggunakan pemantik api, kompor ciptaan Dosen Uncen, Darwanta S.Si, M.Si ini menggunakan satu sentuhan saklar listrik yang terhubung ke aerator. Cukup menekan tombol on dan kompor siap dinyalakan.

“Ini baru 2 mingguan kami design dan konsep atau fungsinya sama persis dengan kompor gas. Hanya yang membedakan kalau kompor gas menggunakan tabung gas sedangkan kami sementara ini menggunakan botol air mineral dan cara menghidupkannya cukup dengan satu sentuhan saklar,” kata Darwanta saat ditemui di labnya di Kampus FMIPA Uncen, Selasa (25/2). Menariknya BBM yang digunakan bukan hasil beli dengan harga ratusan ribu melainkan dari hasil penyulingan sampah plastik.

Kompor ini diberi nama Ko Gas Bang yang diambil dari kepanjangan Kompor Gas Bangkit. Disebut Ko Gas Bang karena gas yang dipompa menggunakan gelembung yang dihasilkan oleh aerator akuarium. Kompor ini juga tak hanya dipamer begitu saja dimana Darwanta selalu mempersilahkan pengunjung untuk membuktikan sendiri fungsi kompor tadi.

“Yang jelas ini tak jauh beda dengan kompor gas umumnya, hasilnya juga sudah dibuktikan,” jelas Darwanta yang menunjukkan wajan yang habis digunakan. Cenderawasih Pos juga dipersilahkan mencoba langsung dengan memasak telur dan hasilnya telur goreng ini benar-benar masak.

Apinya juga biru dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan satu telur. “Kalau ada limbah plastik bisa kami olah menjadi bahan bakar untuk selanjutnya bisa digunakan untuk bahan bakar motor maupun kompor gas. (ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *