Asesoris Buatan Mahasiswa Uncen Menarik Perhatian Pengunjung

Hemina Pigai (kiri) dan Yudiana Reumi memamerkan asesoris hasil kerajinan tangan mereka disela-sela Dies Natalis FMIPA Uncen, Selasa (25/2). Asesoris ini kini dijual online. (Gamel Cepos)

JAYAPURA – Dalam Dies Natalis FMIPA Uncen pada  Selasa (25/2) kemarin sejumlah stand digelar di halaman kampus. Stand ini berisi banyak hasil karya mahasiswa/i baik produk makanan, asesoris termasuk kerajinan tangan. Nah salah satu yang terlihat menyolok dan beda dengan yang lain adalah asesoris yang dibuat oleh tiga mahasiswa, Helmina Pigai, Yudiana Reumy dan Irwanto Palinggi. Ketiganya menjadi satu tim membuat  asesoris berbentuk kalung maupun anting. Hanya menariknya adalah bahan yang digunakan menggunakan bahan dasar noken yaitu tali  serat kayu genemo.

Bentuknya juga menarik  dan dikemas layaknya cenderamata home industri. Helmina menyampaikan bahwa kerajinan tangannya ini buah kolaborasi dengan dua temannya yang menjadi satu tim dalam program kreatifitas mahasiswa. “Usaha kerajinan tangan ini terdorong setelah mengikuti program kreativitas mahasiswa itu tahun lalu dan setelah mengajukan proposal ternyata usulan kami diterima dan dari dana tersebut kami jadikan modal,” kata Hemina Pigai didampingi Yudiana Reumi saat ditemui di FMIPA Uncen, Selasa (25/2).

Gadis asal remaja ini menyambut peluang usaha ini lantaran  memiliki kemampuan untuk merajut  noken sementara dua rekannya lagi ikut membantu mencari bentuk termasuk memasarkan. “Saat ini kami pasarkan secara online dan kalau mau ketemu langsung (COD) juga bisa dan kami bersyukur karena dengan upaya ini ternyata banyak yang minat,” jelasnya. Untuk satu asesoris dijual Rp 50 ribu dengan berbagai bentuk mulai dari lingkaran, burung hantu, mickey mouse dan semua terbuat dari bahan tali noken. “Kami juga tempelkan aroma therapi sehingga tidak hanya dipakai tetapi juga memberi efek lain,” jelasnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *