Jadi Ikon Wisata, Jaga Bersama Kampung Nelayan!

Kampung Nelayan yang terlihat megah dan cantik kala dihiasi lampu berwarna-warni dalam rangka Festival Kampung Nelayan, Sabtu (22/2) kemarin. (gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Festival Kampung Nelayan secara resmi dibuka Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., Sabtu (22/2) siang kemarin. Dalam sambutannya, Wali Kota Tomi Mano menekankan beberapa hal terkait dengan menjaga keindahan Kampung Nelayan sebagai salah satu ikon pariwisata di Kota Jayapura.

“Pertama, jangan jadikan Wisata Kampung Nelayan sebagai tempat miras (minum minuman keras). Sebab, tempat ini untuk masyarakat berwisata maupun refreshing. Karena, di tempat ini, masyarakat setempat juga bisa jogging maupun bersepeda, mengingat panjangnya hingga 2 kilometer,” jelas Dr. Benhur Tomi Mano, MM., dalam sambutannya.

Kemudian, Wali Kota Tomi Mano pun mengimbau agar masyarakat setempat tidak memelihara anjing yang galak. Sebab, dapat mengganggu masyarakat yang ingin mengunjungi Kampung Nelayan, baik untuk berwisata maupun sekedar refreshing.

“Kalau ada yang lari kemudian dikejar anjing galak dan dia tercebur ke laut, tentunya ini bisa mengganggu. Kita jaga juga jangan sampai ada kotoran anjing di sepanjang Kampung Nelayan ini. Oleh sebab itu kebersihan lingkungan di sini memang harus dijaga dengan baik supaya tetap indah,” terangnya.

Menurut Wali Kota Tomi Mano, menjaga kebersihan lingkungan di Kampung Nelayan, terutama menjaga kebersihan laut sangatlah penting. “Makanya, jangan buang sampah dengan sembarangan, jangan membuang sampah ke laut. Sebab, laut merupakan tempat kita mencari makan, mencari nafkah. Oleh sebab itu, laut harus kita jaga kebersihannya,” tambahnya.

Wali Kota Mano mengaku akan berupaya untuk lebih mempercantik lagi kawasan Kampung Nelayan. Dengan demikian, dapat menarik pengunjung, baik masyarakat lokal di Kota Jayapura, wisatawan nusantara, maupun wisatawan mancanegara.

“Ketika PON digelar, tempat ini akan dipercantik lagi, sehingga ramai dikunjungi oleh atlet, ofisial, maupun para pengunjung di Kota Jayapura,” pungkasnya. (gr/dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *