Adam Arisoy: Pergantian Ketua KPU Mambramo Raya Sesuai Prosedur

Adam Arisoy

BURMESO-Polemik pergantian Ketua KPU Mambramo Raya yang menuai pro kontra di masyarakat, akhirnya mendapat titik terang. KPU Provinsi Papua memastikan proses pergantian Ketua KPU Mambramo Raya dari Yesaya Dude kepada Hasan Tomu beberapa waktu lalu telah memenuhi syarat dan sesuai aturan yang berlaku.

  Bahwa, penunjukan Hasan Tomu berdasarkan surat keputusan KPU Republik Indonesia, sehingga diharapkan agar jangan lagi ada pihak-pihak yang mempersoalkan proses pergantian pucuk pimpinan KPU Mambramo Raya. Semua pihak diharapkan mendukung keputusan KPU Provinsi Papua yang telah melakukan pergantian KPU Mambramo Raya,sebab jika tidak maka dikhawatirkan akan mengganggu tahapan pemilukada yang saya ini tengah berjalan.

  “Soal proses pergantian Ketua KPU Mambramo Raya dari Yesaya Dude kepada Hasan Tomu, perlu saya sampaikan dengan tegas bahwa ini ada mekanismenya yang sudah dijalani sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Dan saudara Hasan Tomu ditunjuk menjadi Ketua KPU Mambramo Raya berdasarkan SK KPU RI, sehingga sah demi hukum,” jelas Adam Arisoy Komisioner KPU Provinsi Papua ( Divisi Sosialisasi/Farmas ) kepada wartawan di Kasonaweja Kamis (21/2), seperti dalam release yang diterima Redaksi Cenderawasih Pos, tadi malam.

   Penegasan itu disampaikan pada saat melakukan kunjungan kerja ke KPU Kabupaten Mambramo Raya melihat proses tahapan jalannya Pilkada 2020, pekan kemarin. Selain itu, klarifikasi tentang pergantian Ketua KPU Mambramo Raya disampaikan menyikapi adanya pihak-pihak tertentu yang mempersoalkan terjadinya pergantian KPU dimaksud.

  Dalam kunjungan itu, Adam Arisoy didampingi dua Komisioner KPU Provinsi Papua, masing-masing Melkiyanus Kambu ( Divisi Teknis ) dan Diana Simbiak ( Divisi Data dan Informasi ).

  Adam Arisoy menghimbau dan mengharapkan kepada seluruh masyarakat di Mambramo Raya agar tidak mempersoalkan pergantian ketua KPU Mambramo Raya, karena saat ini tahapan Pilkada telah berjalan.

  “Kepada seluruh masyarakat Mambramo Raya, saya mengimbau dan mengharapkan agar mendukung proses tahapan pelaksanaaan Pilkada yang sedang berjalan, mari kita semua membantu KPU, kita dukung KPU sehingga KPU bekerja secara baik, jujur, transparan, terbuka, sehingga proses tahapan Pemilukada juga bisa diawasi masyarakat dengan baik, ” imbuhnya.

  Dalam kesempatan itu juga, Adam Arisoy dengan tegas juga menyatakan bahwa komisioner KPU hanya berjumlah 5 orang, ditambah penyelenggara PPD, dan PPS dan KPPS. Jajaran penyelenggara Pemilukada itu ditugaskan melaksanakan suksesnya Pemilukada dan masyarakat sebagai pemilik hak konstitusi diharapkan membantu KPU mengawasi jalanannya semua tahapan hingga terpilih kepala daerah piliha masyarakat untuk lima tahun kedepan.

  “Penggantian Ketua KPU Mambramo Raya bukan wilayah kami KPU Provinsi Papua, tetapi kami peduli sehingga kami datang. Ternyata setelah kami datang melihat ke Kantor KPU aktiftas tahapan pilkada berjalan lancar,” tandasnya.(itb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.