Dukung Pariwisata,  BI Tingkatkan Peran UMKM

Naek Tigor Sinaga (Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Meningkatkan peran UMKM dalam mendukung pariwisata,  Bank Indonesia terus melakukan pendampingan UMKM komoditi unggulan seperti kopi, cokelat dan sagu.

Kepala Perwakilan  Bank Indonesia Provinsi Papua, Naek Togor Sinaga mengatakan, selain pendampingan komoditas unggulan, kerajinan tangan seperti batik dan noken juga pihaknya persiapkan.  Hal ini  selain mendukung sektor pariwisata di Papua, juga sebagai oleh-oleh Papua.

“Pendampingan dilakukan dari hulu ke hilir untuk memperbaiki manajemen usaha dan meningkatkan kualitas produk UMKM. Hilirisasi dilakukan untuk mendorong UMKM pembuat galeri oleh – oleh khas Papua,” jelasnya kepada Cenderawasih Pos.

Diakuinya, untuk meningkatkan akses pasar produk UMKM Papua, perlu dibuat galeri oleh – oleh khas Papua yang menunjukkan proses produksinya. Selain menjual produk, galeri tersebut juga menjual pengalaman dan budaya, sehingga akan lebih menarik bagi para wisatawan yang datang ke Papua.

“Kami harap kegiatan seperti ini nantinya dapat bekerjasama dengan perhotelan untuk menjadi outlet/galeri UMKM khas Papua. Hotel sebagai akomodasi utama bagi wisatawan menjadi spot yang strategis untuk memasarkan produk UMKM,” terangnya.

Ditambahkan, kesiapan tersebut perlu ada Perda yang mewajibkan hotel menyediakan space untuk memasarkan produk UMKM. (ana/ary))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *