191 OAP Daftar  Casis Bintara Noken      

Para Calon Siswa Noken Polri saat  mengikuti bimbingan dan latihan test  Psikologi  di Aula Mapolres  Merauke, Selasa (4/2).   (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Antusiasme  putra-putra atau Orang  Asli Papua (OAP) untuk menjadi anggota Polri cukup tinggi. Ini   nampak dari  pendaftaran calon  bintara yang dikhususkan   untuk putra asli    Papua yang  diberi nama  Casis Bintara Noken.   Tercatat  191 calon siswa ( Casis ) Bintara Noken Polri yang mendaftar di Panitia Daerah (Panda) Polres Merauke yang terdiri dari Polres Merauke sebanyak 139 Casis, Polres Mappi sebanyak 24 Casis dan Polres Boven Digoel  sebanyak 28 Casis.   

   Kapolres Merauke AKBP Agustinus Ary Purwanto, SIK melalui Kabag Sumda Polres Merauke Kompol Ridwan, SH didampingi Kabag Sumda Polres Mappi Kompol Max Tiwo, mengungkapkan, bahwa  penerimaan Bintara Noken Polri ini sangat baik sekali bagi putra Orang Asli Papua (OAP) karena kuota penerimaan Polda Papua  sebanyak 127 Casis.

  “Pembinaan dan pelatihan tetap dilaksanakan hingga keberangkatan Casis ke Jayapura,” katanya.

   Menyangkut dukungan anggaran dari Pemda, Ridwan  menjelaskan  bahwa hingga saat ini belum ada realisasi. “Proposal kami sudah kirim ke bupati dan wakil ketua II DPRD Kabupaten Merauke. Tapi hingga keberangkatan ke Jayapura, bila tidak terealisasi menyangkut anggaran, maka akan menjadi  tanggung jawab pribadi masing-masing dari Casis,” katanya.

   Sementara  itu Kabag Sumda Polres Mappi Kompol Max Tiwo mengatakan bahwa dukungan anggaran dari Pemda Mappi sudah terealisasi sebesar Rp  35 juta. Namun anggaran ini masih sangat kurang bila besok Casis diberangkatkan ke Jayapura  untuk mengikuti tes kurang lebih sebulan. “Tapi kami bersyukur  sudah ada perhatian sedikit dari pemerintah daerah kepada  anak-anak kita asal Mappi ini,” jelasnya.  (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *