STISIP Yapis  Amal Ilmiah Wamena Jadi Universitas

Ketua Lembaga Layanan Dikti Wilayah XIV Papua dan Papua Barat DR. Suriel Mofu  bersama Rektor UNAIM DR. Rudi Hartono saat   mendeklarasikan perubahan status STISIP Yapis menjadi Universitas.Denny/Cepos

WAMENA-Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) Yapis Amal Ilmiah Wamena telah berganti status menjadi perguruan tinggi swasta pertama yang berubah menjadi Universitas di Pegunungan tengah Papua. Dengan perubahan ini, maka saat ini secara resmi lembaga pendidikan ini berganti nama menjadi Universital Amal Ilmiah Yapis Wamena.

   Rektor Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena Rudi Hartono mengaku   untuk menjadikan sekolah tinggi menjadi universitas ada beberapa persyaratan yang dipenuhi institusi ini, diantaranya adalah sumberdaya manusia (SDM), dimana saat membuka program studi baru maka tenaga pengajar atau dosen harus sesuai dengan dari jurusan yang dibuka.

  “Memang agak sulit untuk mendapatkan dosen kalau program sains atau eksak, oleh karena itu kami mendatangkan 20 orang dosen karena ada penambahan 4 program studi baru yang menjadi syarat mutlak dalam membuka satu program studi, dimana minimal Standar dari Dikti itu ada 5 dosen  sesuai dengan bidang ilmu program studi yang dibuka,” ungkapnya usai deklarasi perubahan status sekolah tinggi menjadi Universitas Senin (17/2) digedung bazda Yapis wamena.

   Untuk penilaian yang kedua, kata Rudi Hartono, yakni kualitas yang dimiliki sejak awal kampus ini berdiri sampai saat ini melalui indikator akreditasi.  Persyaratan berikutnya, menurut Rektor UNAIM, itu adalah membuka 5 program studi dalam peraturan yang terbaru, dimana 3 diantaranya program studi Eksak dan 2 Program Studi Sosial, untuk STISIP sendiri sudah ada 4 Program Studi Sosial, sehingga itu sudah melebihi dan hanya dicari Program Studi Eksat sehingga dibuka 4 Program Studi untuk itu.

  “Kami sudah melebihi untuk mendirikan Universitas, kami miliki 4 program studi eksak dan 4 Program Studi Ilmu Sosial, untuk program Studi baru kita yaitu Perencanaan Wilayah Kota (S1), Agronomi yang berbentuk Sains (S1), Managemen Ritel Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Managemen Sumberdaya Lahan (S1),”jelas Rudi Hartono

   Di tempat yang sama Ketua Lembaga Layanan Dikti Wilayah XIV Papua dan Papua Barat Suriel Mofu mengakui dasar perubahan status ini  pada 31 Desember tahun lalu Mendikbud RI telah mengeluarkan surat keputusan No 4/M/ 2020 tentang perubahan bentuk kelembagaan perguruan tinggi STISIP Amal Imiah Yapis Wamena Menjadi Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena.

  “Surat keputusan itu kami sudah serahkan pimpinan yayasan dan perguruan tinggi STISIP Amal Ilmiah Yapis Wamena untuk digunakan sebagaimana mestinya,”ujarnya.(jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *