Sempat Down, LTMPT Sedang Input Data KIP

Pelajar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Makassar, Jalan Bandang, Senin (2/4/2018). UNBK tahun 2018 ini akan diikuti oleh 117.567 siswa, yang berada di 24 kabupaten dan kota yang ada di Sulsel. FOTO: IDHAM AMA/FAJAR

JAKARTA, Jawa Pos  – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2020 sempat gaduh kemarin. Server https//portal.ltmpt.ac.id sempat down beberapa kali. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi mengakui, hal tersebut akibat lalu lintas data yang tinggi dan penyempurnaan data KIP (Kartu Indonesia Pintar).

”Ada proses penyempurnaan berkaitan dengan KIP. Perbaikan kami lakukan terus menerus. Insya Allah sudah ok,” ucap Ketua LTMPT Mohammad Nasih saat dihubungi Jawa Pos kemarin. Selain itu, sejak dibuka Jumat (14/2) pukul 14.00 lalu, antusiasme pendaftar sangat tinggi. Akibatnya server down. Dalam laman portal LTMPT juga tertulis: laman pendaftaran SNM PN masih dalam perbaikan.

Untuk tampilan web agar tidak lamban, LTMPT menggunakan lima server dengan spesifikasi processor delapan core dan memiliki kapasitas RAM 32 GB. Sedangkan, untuk menampung database menggunakan dua server. Masing-masing dengan spesifikasi dua kali sepuluh core dan kapasitas RAM 64 GB. ”Kami memakai server milik ITB (Insitut Teknologi Bandung dan LTMPT kerja sama dengan Telkom,” urai Rektor Universitas Airlangga itu.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo memastikan, mulai sore kemarin laman LTMPT sudah lancer tanpa kendala. ”Coba lagi saja kalau masih sulit, Jika masih ada kendala mungkin dari perangkat jaringan yang digunakan siswa untuk mengakses,” ujar dosen fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada itu.

Budi mengatakan, hingga tadi malam sudah ada 581.062 orang yang dinyatakan eligible untuk mendaftar SNM PTN 2020. Dari jumlah tersebut yang sudah mendaftar berjumlah 47.412 orang. Sementara yang sudah finalisasi mencapai 32.501 orang. Meski demikian ada siswa yang sudah log in namun belum mendaftar sebanyak 112.825 orang. (han/JPG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *