Presiden Terus Pantau Persiapan Papua

Menpora RI, Zainudin Amali bersama Ketua KONI Pusat, Marciano Norman saat mengunjungi Stadion Papua Bangkit, Kamis (13/2) lalu.Erik / Cepos

JAYAPURA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terus memantau persiapan Papua sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 dan Peparnas XVI 2020.

Orang nomor satu Indonesia itu tak tinggal diam dalam memantau persiapan Papua. Kepedulian Presiden Jokowi kepada Papua dalam perhelatan Olahraga Nasional empat tahunan tersebut memang sangat besar.

Diketahui, Presiden dua kali mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) untuk mendukung percepatan Papua sebagai tuan rumah. Terbukti, beberapa venue olahraga, dan fasilitas olahraga dibangun menggunakan APBN.

Pada saat Ceef de Mission (CdM) meeting PON XX di Kabupaten Jayapura, Kamis (13/2) lalu, Menpora RI, Zainudin Amali menyampaikan pesan Presiden Jokowi untuk Papua yang akan menggelar pesta olahraga terbesar di Indonesia paling timur.

“Pak Presiden meminta agar PON XX nantinya dapat berjalan lancar dan aman. Seluruh masyarakat perlu menyambut bahagia bahwa Papua bisa menjadi tuan rumah PON. Pak Presiden sangat memperhatikan kesiapan Papua, bahkan di sidang kabinet di Istana Negara beliau (Jokowi) menanyakan bagaimana kesiapan Papua secara khusus dalam mempersiapkan PON,” ungkap Menpora kepada Cenderawasih Pos.

Menpora sendiri menegaskan jika penyelenggaran PON XX di Papua tak jauh berbeda dengan pelaksanaan PON di provinsi lainnya.

Menpora pun berharap PON XX di Papua dapat berjalan sukses. Apalagi, ia mengaku tak khawatir dengan kesiapan Papua sebagai tuan rumah, yang mana progres kesiapan mulai dari venue hingga bidang-bidang lainnya menunjukan progres yang cukup baik.

“Kita mau penyelenggaraan PON XX ini sukses, dan bagi kami di Papua sama dengan penyelenggaraan PON di provinsi lain. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan semua berjalan dengan rencana,” ujarnya.

Diketahui, PON XX tahun 2020 Papua akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga di empat kluster penyelenggara, Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *