BPS Imbau Masyarakat Lakukan Sensus Online

Simon Sapary (Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Guna mencatat data kependudukan yang baik dan benar, satu data untuk Papua, satu data untuk Indonesia, kegiatan Sensus Penduduk Online  resmi dilakulan pada 15 Februari 2020 – 31 Maret 2020.

Kepala BPS Provinsi Papua, Simon Sapary mengatakan, setelah sensus online pihaknya akan melaksanakan sensus manual yang akan silaksanakn dari 1 Juli – 31 Juli. Melalui Sensus online ini pihaknya harapkan masyarakat dapat melakukan pendaftaran data diri pada handphone android masing-masing.

“Sensus online, pendaftarannya sangat mudah, dimana dengan membuka alamat website, sensus.bps.go.id setelah itu pengisian data diri bisa dilakukan sesuain dengan fom dan menjawab daftar pertanyaan yang tersedia dalam fom sensus online tersebut sesuai dengan kenyataan dilapangan. kita hanya mengimbau masyarakat untuk mendaftarkan dirinya sendiri melalui sensus penduduk online,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (15/2) kemarin.

Diakuinya, sensus kali ini merupakan momen nasional yang dilakukan oleh 54 negara sekaligus, termasuk Indonesia, sensus penduduk merupakan kewajiban masyarakat sesuai dengan UU nomor16 tahun 1997 tentang statistik, dimana perkembangan suatu negara sangat bergantung pada kelengkapan data kependudukannya.

“dengan melakukan sensus penduduk ini, kami BPS tidak berjalan sendiri, melainkan kami bekerja sama dengan Dinas Kependudukan, sehingga data kependudukan kita bisa memiliki satu data, disini kami harapkan sebagai masyarakat yang baik wajib melakukan sensus penduduk,” jelasnya.

Dirinya menjelasakan, bagi daerah-daerah yang masih kesulitan dengan jaringan internet sehingga tidak dapat melakukan pendaftaran sensus online, maka mereka akan didata pada tahap sensus manual atau melalui pencatatan dan wawancara.

Sementara itu, Kabid Statistik Sosial BPS Provinsi Papua,  Bagas Susilo mengatakan, berdasarkan proyeksi BPS tahun 2010, penduduk Papua mencapai 3.300.000 orang, dan pihaknya memproyeksikan hasilnya bisa naik 5- 10 persen dari proyeksi tersebut.

Sementara itu di tempat terpisah  Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, MM.,didampingi istri Ny. Kristhina L.I.R Mano dan kelurga serta para pejabat dilingkungan Pemkot Sekda Kota Jayapura, Asisten I, II, III, staf ahli dan lainnya telah melakukan pengisian data secara online yang dipandu oleh petugas Badan Pusat Statistik kota Jayapura, di Rumah Jabatan Wali Kota Jayapura, Sabtu (15/2) pekan lalu.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, MM.mengungkapkan, setelah dirinya dan istri maupun pejabat dilingkungan Pemkot Jayapura telah mengisi data sensus penduduk tahun 2020 secara online, Wali Kota mengimbau kepada masyarakat kota Jayapura marilah mensukseskan sensus penduduk tahun 2020 secara online.      

  ‘’Saya juga intruksikan kepada seluruh kepala distrik kepala Kelurahan dan kepala kampung, RT/RW, menggerakkan massa nya dalam mengambil bagian sensus penduduk online tahun 2020, pastikan bahwa anda terdaftar dalam sensus penduduk 2020 secara online,”pinta BTM.(ana/dil/wen)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *