Tawarkan Pihak Ketiga Untuk Garap Dermaga

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Mathias Bentar Mano. (Gamel Cepos)

JAYAPURA – Kondisi Dermaga Abesau nampaknya dalam tahun ini akan tetap seperti itu. Rusak dan terbengkalai. Pasalnya, salah satu OPD yang punya andil yakni Dinas Pariwisata Kota Jayapura memastikan bahwa tahun ini belum bisa masuk untuk memperbaiki wajah dermaga yang terbilang rusak berat. Belum ada anggaran yang disiapkan untuk program tahun 2020. Nantinya di tahun 2021 barulah akan dipikirkan untuk dilakukan penataan.

“Tahun 2020 memang belum terprogram dan kami harap tahun 2021 bisa dianggarkan namun saya tak bisa duduk meratapi nasib tapi bagaimana ada pihak swasta yang mau masuk dan berkolaborasi memperbaiki kemudian mengelola lalu nantinya mengunakan sistem bagi hasil,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota, Mathias Bentar Mano di Tanjung Ciberi Kampung Engros,” Kamis (13/2). Ia menyebut OPD memang memiliki kewenangan dan kebijakan namun belum didukung oleh anggaran nah ini bisa saja diakali dengan berkolaborasi.

“You bangun, you kelola  dan yang penting lokasinya menjadi lebih baik dan masyarakat juga jangan justru menjadi pihak yang bermasalah,” sindirnya. Maksudnya adalah ketika sudah diperbaiki justru banguannya cepat rusak akibat tidak ikut dijaga. Ini agar jangan ketika pemerintah atau ada pihak yang sudah membangun pondok, tempat duduk dan dermaga namun kembali rusak. Ada juga yang akhirnya ketakutan karena merasa banyak yang pakai untuk minum-minum atau merasa tidak enak dengan aroma yang ada di lokasi tersebut. Nah aspek ini juga perlu dipikirkan,” imbuhnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *