Pemanfaatan Halte Bus dalam Tahap Sosialisasi

Salah satu halte bus yang dibangun Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura yang berada di Pantai Yahim Sentani. Foto ini diambil, Jumat (14/2).Robert Mboik Cepos

SENTANI- Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura telah membangun sejumlah halte bus di beberapa tempat yang ada di sekitar Kota Sentani. Namun dalam pemanfaatannya belum maksimal.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw mengatakan, penggunaan halte bus tersebut masih terus dilakukan sosialisasi. Dia juga membantah jika pembangunan halte bus tersebut mubazir, lantaran dianggap tidak dipergunakan oleh masyarakat.

” Kita di Dinas Perhubungan mendapat titik survei dari Balai Perhubungan Nasional,”katanya.

Menurutnya, pembangunan sejumlah halte bus di Sentani sudah berdasarkan analisa tanda lalu lintas. Dia menyebutkan, halte bus tersebut dibangun di jalan masuk persimpangan RSUD Yowari.  Halte dibangun di tempat itu atas pertimbangan karena adanya pasar, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya.

Kemudian, di Pantai Yahim juga dibangun, ini untuk memperlancar arus mobilisasi masyarakat Danau Sentani menggunakan bis. Kemudian ada juga salah satu halte bus dibangun di Kampung Harapan, di mana halte ini sebenarnya diperuntukkan bagi anak-anak sekolah yang menggunakan transportasi umum.

Lanjut dia, halte ini dibangun menggunakan anggaran Rp 200 juta. Pembangunan halte ini juga untuk melancarkan PON 2020. Dia mengakui, saat ini memang  persiapan untuk menyukseskan PON terus dimatangkan. Dinas Perhubungan mulai menyiapkan sejumlah fasilitas akomodasi PON. Tidak saja transportasi darat, tapi sarana transportasi danau juga disiapkan. Pemkab Jayapura juga sudah membangun beberapa pelabuhan kecil di Danau Sentani dalam rangka mendukung PON itu. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *