Bulog Segera Bangun Rice Milling Plan Modern

Joni Hermanto. Sulo/Cepos

MERAUKE-Perum Bulog akan segera membangun rice milling plan modern di Merauke. Joni Hermanto, yang diutus  Direktur  Utama Perum Bulog  seusai melakukan  pertemuan dengan Bupati  Merauke Frederikus  Gebze, Kamis (13/2),  mengungkapkan,  bahwa  rice  milling plan  modern ini rencananya akan  dibangun  tahun 2020   jika  semua  sudah siap  mulai dari lahan.

   Dikatakan, dalam rice milling plan  modern yang dibangun tersebut,  nantinya semuanya sudah  sudah tersedia di dalamnya di satu  area, mulai  dari mesin  pengeringan,  mesin penggilingan,  gudang  untuk gabah sampai   gudang  untuk beras.  ‘’Untuk gudang   beras, kapasitasnya bisa  di atas 10.000 ton,” jelasnya.    

   Dikatakan, kunjungan ke  Merauke  merupakan  tindak lanjut dari kunjungan  Bupati  Merauke  yang melakukan  pertemuan dengan Direktur Utama  Perum Bulog di Jakarta beberapa waktu lalu. “Beliau sampaikan bahawa  Merauke itu   menjadi lumbung padi dan lumbung beras. Jadi Pak Bupati berharap petani-petani di Merauke  dapat kita suport penuh dari Bulog baik pembelian gabahnya maupun berasnya. Semuanya. Kebetulan kami  yang datang ini  di kasih wewenang dari teman-teman bulog pusat untuk melihat kondisi yang ada di Merauke ini,’’  jelasnya.

   Joni Hermanto mengungkapkan, bahwa direktur pengadaan dan direktur  utama Bulog   memberikan suport ke bupati  Merauke supaya dikembangkan  beras Merauke menjadi  beras nasional.  “Kalau bisa,  Merauke  itu menjadi lumbung   beras ekspor ke negara-negara tetangga yang ada di Merauke. Makanya tadi  kita rapat  supaya SKPD yang ada di Merauke  mempersiapkan diri untuk  pembangunan rice milling plant modern untuk pabrik  penggilingan padi ketika pasar kita dapat   agar  tidak terbengkalai  sumbernya. Kalau permintaannya  nanti banyak tapi ternyata berasnya tidak ada, kan lucu juga. Tapi setelah   padinya banyak  namun tidak ada penyimpanan  maka itu kita sinkronkan,’’ terangnya. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *