10 Mahasiswa Asal Kota Studi Makassar Belum Kembali

Yacobus Mamuyab, S.Pd (Sulo/Cepos)

MERAUKE- Kendati kondisi keamanan sudah  sangat  kondusif   di kota  studi, namun sampai sekarang  10 dari 15 mahasiswa yang pulang dari kota studi  Makassar  beberapa waktu lalu, sampai sekarang ini  masih tinggal di Merauke. Sementara di Merauke,  anak-anak   tersebut  juga  tidak bisa melanjutkan  pendidikannya di perguruan tinggi yang ada di Merauke.

    Kepala Bagian   Kesejahteraan Rakyat  (Kesra)  Setda Kabupaten Merauke Yacobus Mamuyab, S.Pd, ditemui di ruang kerjanya,  Kamis (13/2), mengungkapkan bahwa dari 15 mahasiswa yang pulang  ke Merauke  akibat dampak  dari  Surabaya saat  itu   baru 4  diantaranya yang   kembali melanjutkan   kuliahnya di Kota Studi  Makassar. Sedangkan, satu    mahasiswa  yang pulang tersebut memang sudah  tidak kuliah  sebelum  peristiwa Surabaya.   

  “Yang tercatat  sebagai mahasiswa   itu masih ada 10 yang  sampai sekarang    belum kembali ke kota studi mereka di Makassar,’’ jelasnya.

   Yakobus  Mamuyab  menjelaskan, bahkan  bantuan  studi  bagi ke-10  mahasiswa  asal kota studi Makassar  tersebut  tetap dianggarkan  dalam APBD  tahun  2020, namun   tidak bisa ditransfer ke dalam  rekening mahasiswa yang bersangkutan  jika tidak  mengikuti perkuliahan   di kota studi  masing-masing. “Kalau kita transfer  ke dalam rekening mahasiswa yang bersangkutan  sementara kita tahu bahwa  dia sementara tidak kuliah justru kita salah. Karena yang dibiayai pemerintah hanya  mahasiswa yang sementara kuliah,” terangnya.

   Yacobus Mamuyab menjelaskan  bahwa, mahasiswa yang   belum kembali  tersebut  sudah beberapa kali menemuinya dan  dirinya mengimbau untuk  kembali ke kota studi. Namun sampai  sekarang belum balik  ke  kota studi melanjutkan kuliahnya.

   “Kalau mereka pindah ke sini, bisa. Hanya sebagian  dari mahasiswa tersebut tidak memiliki jurusan  yang sama di tempat semula. Kalau pindah,  jelas yang diperhitungkan  kemungkinan   mata kuliah  umum saja dan itu  kerugian bagi mahasiswa yang  sudah kuliah beberapa tahun,’’   pungkasnya. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *