KONI dan Kemenpora Akui Progres Venue Sesuai Jadwal

Pekerja pembangunan venue Tenis yang berada di samping kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (12/2) siang kemarin. Erik/cepos

JAYAPURA – Saat ini Pemerintah Provinsi Papua bersama Pemerintah Pusat terus menggenjot pembangunan venue pertandingan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Tanah Papua. Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman saat melakukan peninjauan beberapa sejumlah venue PON XX yang terletak di Kabupaten Mimika, Kota dan Kabupaten Jayapura, ia memastikan jika progres pembangunan sejumlah venue masih sesuai jadwal pengerjaan.

 

“Dari beberapa tempat tadi, kalau yang untuk futsal (Mimika Sport Center) saya rasa itu sudah siap 100 persen. Tetapi dari beberapa tempat yang tadi kita tinjau seperti baseball dan lapangan bola dan lapangan tenis progresnya saya rasa sudah sesuai dengan jadwal pengerjaanya,” ungkap Marciano Norman kepada awak media saat ditemui disela-sela kunungannya, Selasa (12/2) siang kemarin.

 

“Untuk venue Tenis ini diharapkan selesai pada Mei secara keseluruhannya. Kemudian baseball dan softball di targetkan bulan Juni sudah selesai. Sehingga secara umum semua masih dalam jadwal pekerjaan sesuai yang direncanakan, sambungnya.

 

Dikatakan, pihaknya bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga akan terus mengawal dan meninjau pekerjaan sejumlah venue PON XX tersebut untuk menargetkan rampung tepat waktu.

 

“Kita masih akan melakukan peninjauan dari Kemenpora dan KONI Pusat, untuk menargetkan semua selesai tepat waktu, supaya kita nantinya tak mendapatkan masalah pada saat perhelatan PON XX. Semua harus betul-betul sesuai dengan yang diharapkan,” jelasnya.

 

Dirinya juga berharap agar nantinya venue-venue yang dibangun untuk PON XX itu bisa kembali dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah setempat pasca PON XX nanti sebagai sarana untuk melahirkan atlet-atlet handal dari Tanah Papua.

 

“Sekarang yang harus kita lihat juga bahwa venue-venue yang dibangun ini tidak dengan dana yang sedikit. Sehingga kita selalu berharap dan saya sebagai pembina olahraga tentunya berharap dengan adanya venue-venue dan lapangan-lapangan yang dibangun dengan biaya mahal ini dapat melahirkan atlet-atlet besar dan berprestasi,” ujarnya.

 

Sementara itu, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta juga mengapresiasi progres pembangunan venue PON XX di Papua. Menurutnya, progres beberapa pembangunan venue terus menunjukan peningkatan.

 

“Intinya progres di tiga-empat bulan yang lalu ketika meninjau masih dalam 10 persen, tapi sekarang dalam hitungan tiga bulan progresnya mencapai diatas 50, 60, bahkan 70 persen. Artinya yang tadinya kekhawatiran tidak selesai tepat waktu, justru kian menimbulkan optimisme. Jadi dalam tiga bulan kedepan sudah 100 persen, itu sesuatu yang membanggakan,” tandasnya. (eri/gin).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *