Merasakan Pengalaman Berlayar dengan Kapal Wisata Youtefa

Rombongan  dari perbankan dan instansi pemerintahan menikmati pemandangan dari atas Kapal wisata Youtefa, Rabu (12/2) kemarin. Yohana/Cepos

Cukup Nyaman, Sepanjang Perjalanan Disuguhikan Pemandangan nan Indah

untuk menyaksikan keindahan Kota Jayapura dari laut, teluk Youtefa maka Pemkot Jayapura telah menyediakan kapal wisata Youtefa, Cenderawasih Pos berkesempatan merasakan kapal tersebut, seperti apa perjalanannya

Laporan : Yohana

Menjadi objek wisata yang sangat menarik bukan hanya kalangan orang dewasa tetapi juga anak-anak. Menggunakan kapal wisata Youtefa tersebut berbagai pemandangan  menarik langsung berada di depan mata.

Kapal wisata Youtefa merupakan sebuah kapal wisata yang diresmikan Agustus 2017 lalu oleh Wali Kota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano, dimana kapal tersebut merupakan salah satu sarana untuk menikmati wisata di Kota Jayapura.

  Khusus diawal tahun 2020 kapal wisata Youtefa mulai diaktifkan kegiatan operasionalnya dengan jadwal pelayanan setiap weekend yakni Jumat, Sabtu dan Minggu. namun, dikarenakan banyaknya permintaan pengunjung, hari operasionalnya disesuaikan dengan permintaan pelanggan.

Rabu (12/2) pagi itu, bersama dengan tim Bank Indonesia dan stakeholder menggelar kegiatan Coffee Morning di Kapal Pesiar Beautiful Jayapura Youtefa.

Kapal wisata Youtefa sendiri memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Dimana kapal ini terdiri dari dua lantai, yaitu lantai satu dapat menampung kapasitas 40 orang bahkan lebih, dilengkapi dengan kursi dan meja untuk bersantai, bisa juga digunakan sebagai area karaoke bagi mereka yang suka bernyanyi atau ingin menggelar event dan party kecil, di lantai satu ini juga memiliki 2 toilet yang disediakan bagi penumpang, serta di bagian belakang kapal merupakan tempat para mekanik dan ABK yang sibuk memantau aktivitas mesin.

Sedangkan untuk lantai dua, disediakan sofa-sofa berbentuk L dan latar panjang berwarna coklat muda, masing-masing berjumlah 4 unit total keseluruhan ada 8 unit. Di lantai 2 bisa menampung 40 orang hingga 50 orang.

Kapal ini dapat mengangkut 80-100 orang pengunjung, dan dilengkapi dengan perlengakapan alat keselamatan seperti pelampung tersedia sebanyak 100 buah yakni di lantai satu 50 buah dan lantai 2 sebanyak 50 buah, memiliki 10 sekoci kecil yang berfungsi sebagai alat keselamatan pada saat terjadi kecelakaan di laut.

Yoris salah seorang ABK Kapal wisata Youtefa mengatakan, kapal tersebut memiliki 5 awak kapal yang terdiri dari 2 ABK, 1 Kapten Kapal dan 2 bagian mesin. Kapal tersebut dalam sehari bisa berlayar 2 kali mengantar pengujung baik itu yang menyewa kapal atau pengujung umum.

“Tarif karcis dikenakan sesuai jarak tempuh, kapal ini memiliki 2 rute tujuan yakni Teluk Youtefa, dan Pantai Holtekamp, rute baliknya sampai ke pantai Dok 9, dan kembali ke Taman Mesran. Harga yang dikenakan untuk tujuan Teluk Youtefa, Cibery dan Jembatan Merah Rp 50 ribu untuk orang dewasa sedangkan anak Rp 25 ribu/anak. Sedangkan untuk Holtekamp Rp 80 ribu/orang dewasa dan anak tetap Rp 25 ribu,” jelasnya kepada Cenderawasih Pos, Rabu (12/2) kemarin.

Diakuinya, biaya carter atau sewa dikenakan Rp 8 juta sekali jalan, untuk rute sekali jalan pihaknya membutuhkan 200 liter BBM, 2 kali jalan maka BBM yang diperlukan sebanyak 400 liter, untuk kebutuhan BBM  pihaknya peroleh dari SPBU terdekat.

Lanjutnya, permintaan penumpang umum paling banyak dibandingkan carter, kadang dari masyarakat umum, kadang juga dari pihak sekolah, setiap hari ada permintaan hanya saja pihaknya sesuaikan dengan banyaknya permintaan.

Berlayar dengan kapal  wisata Youtefa sangat menyenangkan, hanya saja pada saat musim angin kencang dan gelombang sebaiknya para penumpang yang mabuk laut, ada baiknya membawa obat anti mabuk atau sebagainya karena posisi kapal akan terasa oleng.

Kendati perjalanan selama kurang lebih 3 jam, namun tak terasa, karena sepanjang perjalanan disuguhkan pemandangan yang indah nan menawan, apalagi kapal wisata Youtefa juga cukup nyaman. (*/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *