Inventarisasi Masalah Pendidikan, Cari Solusi Bersama

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait, S.T, M.S, memberi sambutan disela-sela pertemuan bersama Rektor Universitas Cenderawasih, Para Pembantu Rektor, Dekan, dan Para Pemuda Dekan di Ruang Rapat Rektor Uncen di Rektorat Waena, Rabu (13/2) kemarin.Yewen/Cepos

JAYAPURA- Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait, S.T, M.Si bersama para Kepala Bidang (Kabid) melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Cenderawasih, Dr. Ir. Apolo Safampo, S.T, M.T bersama para Pembantu Rektor, para Dekan, Pembantu Dekan, Direktur Pascasarjana Uncen. Pertemuan ini berlangsung di Ruang Rapat Rektor Uncen di Rektorat Waena, Rabu (12/2) kemarin.

Dalam pertemuan ini, selaku Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait memaparkan sejumlah permasalahan pendidikan yang ada di Papua kepada pihak Uncen, sehingga bisa bekerja sama dalam mengatasi permasalahan pendidikan yang ada di Provinsi Papua.

Adapun permasalahan pendidikan yang disampaikan, yaitu berkaitan dengan Perdasus mengenai Pendidikan di Papua, perubahan Pergub, penanganan buta aksara dan anak jalanan atau penghisap lem aibon di Papua, sertifikasi guru dan kepala sekolah, kurikulum lokal, distribusi para guru SMK yang ada di Papua, dan perekrutan guru kontrak.

Ada 5 atau 6 hal besar yang sudah saya sampaikan tadi (kemarin-red), yaitu pertama di masalah perdasus dan beberapa pergub yang harus kita benahi, kemudian peningkatan kapasitas guru dari SPG ke D3, D3 ke S1, itu saya pikir kita harus benahi, kemudian buta huruf yang harus jadi PR kita bersama, tapi juga ada SMK-SMK tertentu yang kesulitan guru hari ini, karena itu teman-teman Uncen juga kita minta untuk bantu kita,” katanya kepada wartawan, usai pertemuan di Ruang Rapat Rektor di Rektorat Waena, Rabu (12/2).

“Karena saya baru dilantik, maka saya pakai waktu untuk bertemu dengan teman-teman Uncen, baik pak Rektor, Dekan, dan semua teman-teman Uncen, karena Uncen punya potensi untuk bantu kita dalam mengatasi permasalahan Pendidikan di Papua,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen), Dr. Ir. Apolo Safampo, S.T, M.T mengatakan, Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Provinsi Papua dan Universitas Cenderawasih adalah dua institusi yang sama-sama mempunyai tugas dan tanggung jawab berkarya dalam dunia pendidikan.

“Kehadiran Kadis Pendidikan bersama-sama dengan seluruh Kepala Bidang dan Staf ini merupakan hal yang baik, untuk kita sama-sama menginventarisasi dan mengumpulkan hambatan-hambatan apa dan masalah-masalah dalam dunia pendidikan selama ini. Lalu kedepan hal-hal apa yang bisa kita kerjakan, terutama mengatasi kendala-kendala dalam pembangunan SDM,” katanya. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *