Pelabuhan Perikanan Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat Lokal

Anggota DPR RI, Yan P. Mandenas, saat bertatap muka, menampung aspirasi masyarakat di pelabuhan perikanan Pomako, Timika, Kabupaten Mimika, Sabtu (8/2) lalu

JAYAPURA- Politisi Partai Gerindra, Yan P. Mandenas, menjelaskan bahwa pengelolaan pelabuhan perikanan di Pomako, Mimika, harus bisa memberikan dampak bagi masyarakat lokal, terutama masyarakat Kamoro di bantaran sungai atau di muara Pomako.

  “Artinya, dengan evaluasi, kita mencari solusi agar masyarakat lokal, pemerintah daerah setempat, perusahaan perikanan yang bersangkutan, serta nelayan secara perorangan mendapatkan manfaat,” beber Yan P. Mandenas kepada Cenderawasih Pos, Selasa (11/2) kemarin.

   Menurut Mandenas yang juga merupakan Anggota DPR RI, perlu dilakukan pula penanganan terhadap kelompok nelayan, baik dari masyarakat, perusahaan, maupun dari perorangan yang menggunakan kapal tangkap berkekuatan lebih dari 10 GT. “Di Pomako, aktivitas kapal ikan berkembang dengan pesat sejak 2019 hingga kini dengan jumlah mencapai puluhan kapal. Kalau satu kapal mampu produksi 26 ton ikan, maka sebanyak 70 ton ikan bisa dihasilkan di Pomako,” tambahnya.

   Oleh sebab itu, sambung Mandenas, hasil tangkapan ini harus memberikan dampak bagi pemerintah dari segi pendapatan asli daerah. “Jangan malah sebaliknya, masyarakat menjadi penonton karena kegiatan perikanan di pelabuhan pomako tidak berjalan dengan baik, mulai dari tidak adanya kegiatan bongkar muat di darat, tidak melalui pelelangan ikan maupun cold storage di darat,” pungkasnya. (gr/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *