Komjen Pol Idham Azis

JAKARTA, Jawa Pos – Melalui surat telegram bernomor ST/385/II/KEP./2020, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis merotasi sejumlah posisi di tubuh institusi yang dia pimpin. Tidak kurang delapan Kapolda melaksanakan serah terima jabatan di Mabes Polri, Jakarta Selatan kemarin (2/11). Idham sebagai orang nomor satu di kepolisian tanah air meimpin langsung sertijab tersebut.

Berdasar data yang diterima Jawa Pos, delapan kepala Polda baru itu adalah Irjen Pol. Remigius Sigid Tri Hardjanto. Dia dipercaya oleh Idham untuk mengisi kursi kepala Polda Kalimantan Barat yang ditingkalkan oleh Didi Haryono. Didi kini diamanati menjadi Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Kepindahan Irjen Sigid menyisakan kekosongan di Polda Sulawesi Utara. Untuk itu, Idham menunjuk pejabat baru.

Adalah Irjen Pol. Royke Lumowa yang dipilih oleh Idham untuk menjadi kepala Polda Sulawesi Utara. Dia meninggalkan jabatan lama sebagai kepala Polda Maluku. Menggantikan Royke, Idham menunjuk Brigjen Pol Baharudin Djafar yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Polda Sulawesi Barat. Artinya, Baharudin akan mendapat kenaikan pangkat menjadi Irjen. Posisi lama Baharudin kemudian diisi oleh Brigjen Pol Eko Budi Sampurno.

Tidak sampai di situ, Idham juga mengganti Kepala Polda Jambi Irjen Pol. Muchlis. Dia diberi tugas baru sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisinya di Polda Jambi lantas diisi oleh Irjen Pol. Firman Shantyabudi. Jabatan kepala Polda Aceh juga masuk dalam garbong rotasi tersebut. Kursi yang sebelumnya diduduki oleh Irjen pol. Rio Septianda kini diserahkan kepada Brigjen Pol Wahyu Widada.

Sebelumnya, Wahyu merupakan kepala Polda Gorontalo. Adalah Brigjen Pol Adnas yang ditunjuk oleh Idham untuk menggantikan Wahyu. Lebih lanjut, Brigjen Pol Rikwanto yang sebelumnya berdinas sebagai wakil kepala Polda Kalimantan Tengah kini dipercaya menjadi kepala Polda Maluku. Pria yang sempat lama bertugas di bidang kehumasan tersebut akan mendapat kenaikan pangkat menjadi jenderal bintang dua Polri.

Tidak banyak yang disampaikan oleh Idham dalam sertijab kemarin. Melalui pebacaan sumpah, Idham menuntun seluruh anak buahnya memantapkan komitmen mengabdi kepada NKRI. ”Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ungkapnya. Kalimat tersebut diucapkan serentak oleh seluruh pejabat yang baru melakukan sertijab kemarin.

Lebih lanjut, mereka juga diminta untuk menjalakan seluruh ketentuan dan aturan yang berlaku dalam undang-undang. ”Dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara,” tegas Idham. ”Sebagai prajurit Bhayangkara akan menjunjung tinggi tibrata dan catur prasetya dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara,” lanjut dia menuntun seluruh kepala polda baru. (syn/JPG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *