Malam Minggu Banyak yang Kucing-kucingan dengan Polisi

Seorang anggota Polisi mengecek barang bawaan dari seorang pengunjung  dalam sweeping dan patroli Sabtu (8/2) malam kemarin. Polisi mendapati banyak yang kucing-kucingan. Gamel Cepos

JAYAPURA – Sweping yang dilakukan tim gabungan Polres Jayapura bersama Polsek Jayapura Selatan pada Sabtu (8/2) di wilayah hukum Polsek Jayapura Selatan mendapati banyak sekali warga yang masih nongkrong  pada jam-jam kecil. Tak hanya nongkrong tentunya tetapi sambil happy. Polisi terpaksa membubarkan sebab sangat mudah terjadi perselisihan kemudian memicu keributan. Bukan tak pernah terjadi tetapi dari evaluasi itulah Polisi melakukan sweeping tersebut.

Patroli dan sweeping dilakukan mulai pukul 22.30 WIT hingga pukul 02.00 WIT yang dipimpin Kapolsek Jayapura Selatan, AKP Yosias Pugu dibackup  tim Polresta Jayapura yang dipimpin Kabag Ops, Kompol Nursalam Saka. Dari patroli ini polisi mendapati banya pengunjung yang tengah pesta miras. Ada yang duduk berdua, ada yang bergerombol dan ada juga yang berpasang-pasangan. Untuk barang bukti berupa miras  yang ditemukan di TKP, saat itu juga langsung ditumpahkan.

Selain itu polisi juga mengamankan puluhan motor yang tak dilengkapi surat-surat. Disini banyak yang berkendara dalam keadaan mabuk sehingga sesekali terjadi perdebatan. “Kondisinya memang seperti ini setiap akhir pekan, makanya patroli dan sweeping ini kami lakukan hingga pagi hari sebab tak jarang pengunjung juga melakukan kucing-kucingan,” kata AKP Yosias Pugu. Dimaksud kucing-kucingan karena saat didatangi,  para pengunjung ini langsung pergi menghindar. Tapi tak lama akan kembali ke lokasi yang sama.

“Makanya kami selalu putar kembali dan ini akan terus kami lakukan sampah lokasi Pantai Hamadi hingga jembatan ini jadi tertib,” jelasnya. Ia  menjelaskan jika ada yang pesta miras kemudian dibubarkan harusnya berterimakasih mengingat jika diteruskan maka bisa jadi tak bisa mengontrol kendaraan saat pulang nanti termasuk  jika ada yang mengganggu bisa saja terjadi keributan dan tindakan pidana lainnya. Ini yang kami antisipasi,” imbuhnya. Pantauan Cenderawasih Pos ada juga pasangan muda mudi yang diminta keluar dari dalam mobil termasuk pria paruh baya dengan pasangan perempuannya.

Sementara itu dari razia tersebut 14 unit kendaraan roda dua diamankan tim gabungan Polresta Jayapura Kota, Polsek Jayapura Selatan dan Polsek Muara Tami dalam patroli dan razia di beberapa tempat, Sabtu (8/2) malam.

Patroli dan razia yang dilakukan oleh tim gabungan di wilayah hukum Polresta Jayapura Kota ini  dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan, kegiatan Polres jajaran ini untuk menekan tindak krimnialitas pada malam hari dengan melakukan patroli serta razia di tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya gangguan kamtibmas.

“Kegiatan ini bukan hanya dilakukan pada malam hari maupun pada malam liburan saja, tetapi kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Kepolisian untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” tuturnya.

Dirinya meminta kepada instansi terkait maupun para tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh adat untuk bersama saling mendukung demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan nyaman dilingkungannya masing-masing. Sehingga masyarakat lainnya dapat melakukan aktifitas tanpa merasa takut dan cemas, karena situasi yang aman dan nyaman merupakan keinginan kita bersama. (ade/fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *