Lambat Serahkan SPJ, Sejumlah Kepsek dan Bendahara Dijemput

Sekda Kabupaten Biak Numfor Markus O Masnembra, SH.,MM didampingi  Kepala Inspektorat Mahasunu, SIP dan Asisten III Ir.Andarias F. Lameky, MM ketika memimpin pertemuan dengan jajaran kepala OPD dan kepala sekolah dalam rangka kelengkapan SPJ tahun 2019, di Gedung Wanita, Senin (10/2) kemarin.Fiktor/Cepos

BIAK-Jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala sekolah dan bendahara diberikan warning tegas terkait dengan kelengkapan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan anggaran tahun 2019.  Bahkan bagi sejumlah kepala sekolah (Kepsek), pimpinan OPD tertentu dan bendahara dijemput karena panggilan berkali-kali tidak direspon.

  “Pemerintah Kabupaten Biak Numfor saat ini terus berupaya memperbaiki pengelolaan keuangan, termasuk pertanggungjawaban realiasi penggunaan anggaran. Oleh karena itu wajib bagi setiap pengguna anggaran untuk memberikan SPJ tahun 2019, dan yang lambat sampaikan sudah kami warning tegas, dan dengan terpaksa juga ada yang sudah dijemput langsung,” tegas Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor Markus O. Masnembra, SH.,MM.

  Dikatakan, berbagai upaya telah dilakukan untuk meminta supaya setiap SPJ dari masing-masing OPD disampaikan tepat waktu, termasuk dari setiap sekolah. Selain melalui pemberitahuan tertulis dan melalui media elektronik, juga telah dilakukan penjemputan supaya segera menuntaskan laporan penggunaan anggaran tersebut.

  Ketegasan yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Biak Numfor itu juga untuk mendukung upaya audit interim (pendahuluan) yang saat ini sedang dilakukan oleh BPK Perwakilan Provinsi Papua terhadap tahun 2019.

  “Pak Bupati cukup serius dalam melakukan penataan pengelolaan keuangan termasuk pertanggungjawabannya, oleh karena itu upaya-upaya terus dilakukan dan perlu didukung oleh OPD dan semua instansi lainnya termasuk kepala sekolah serta jajaran bendahara. SPJ wajib disampaikan, sikap kooperatif dari pimpinan OPD, kepala sekolah dan bendahara harus menjadi perhatian,” tandas Sekda ketika memimpin apel di Halaman Kantor Bupati, Senin (10/2) kemarin.

  Terkait dengan pemberian SPJ itu, para kepala sekolah tingkat SD dan SMP serta pimpinan OPD juga dikumpulkan di Gedung Wanita setelah apel gabungan. Sekda didampingi  Kepala Inspektorat Mahasunu, S.IP dan Asisten III Ir. Andarias F. Lameky, MM kembali mengingatkan supaya memberikan perhatian serius terhadap laporan SPJ dan mendukung BPK yang sementara melakukan audit pendahuluan.

  Sebelumnya Bupati Herry A. Naap, S.Si.,M.Pd diberbagai kesempatan telah mengingatkan setiap OPD dan pengelola anggaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor memberikan setiap pertangunggjawaban penggunaan anggaran tepat waktu. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *