Stok Bawang Putih Menipis, Pemerintah Diharapkan Lakukan Operasi Pasar

Karyawan Saga Mal Abepura saat menunjukkan stok bawang putih yang disediakan, Sabtu (8/2) kemarin. (Yohana/Cepos)

Sikapi Mulai Menipisnya Stok Bawang Putih

JAYAPURA – Harga bawang putih di pasar tradisional dan supermarket mulai mengalami kenaikan karena stoknya mulai menipis.

Muslika,   penjual komoditi pertanian di Pasar Central Hamadi mengatakan,  sudah lebih dari seminggu harga bawang putih naik karena stok mulai menipis.

“Harga bawang putih saat ini mencapai Rp 60 ribu- Rp 65 ribu/kg, dimana harga pengambilan mencapai Rp 50 ribu- Rp 55 ribu sehingga harga jual bawang putih mengalami kenaikan harga. Selain itu stok bawang putih juga mulau menipis, dikarenakan dampak dari pemerintah menghentikan impor bawang putih dari China,”ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (8/2) kemarin.

Sementara itu, Manager Saga Group Haris Manuputy mengatakan, kondisi kelangkaan bawang putih juga mulai pihaknya rasakan, dimana harga pengambilan bawang putih saat ini mencapai Rp 50 ribu/kg dan  stok yang pihaknya sediakan sangat terbatas.

“Harga bawang putih saat ini kami jual Rp 60 ribu/kg, dimana harga saat ini masih terjangkau tetapi jika harga jual semakin mahal maka secara otomatis stok bawang putih semakin langkah. Stok terakhir yang akan masuk sisa 1 kapal, itu pun stok kami hanya sebanyak 250 kg untuk memenuhi permintaan 8 Saga,” jelasnya.

Dengan kondisi saat ini, pihaknya berharapkan pemerintah maupun instansi terkait dapat melakukan operasi pasar. Jangan sampai ada tangan-tangan nakal yang memanfaatkan kondisi tersebut dengan melakukan penimbunan stok bawang putih untuk menjual dengan harga yang lebih mahal ke depan.

“Yang kami takutkan jangan sampai ada penimbunan bawang putih, sehingga pada saat bawang putih di pasaran habis, mereka akan menjual dengan harga mahal. Nantinya konsumen akan menjadi kesulitan, mengingat kebutuhan bawang putih sangat diminati masyarakat, pengusaha maupun restoran dan sebagainya,” terangnya. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *