Penjual Miras Yang Bandel Akan Diseret ke Ranah Pidana

AKBP Gustav R Urbinas (Elfira/Cepos)

JAYAPURA-  Geramnya Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas terhadap peredaran Minuman keras (Miras) illegal sampai dengan aktifitas jual beli miras di luar jam batas penjualan sesuai dengan surat izin .

Kapolresta bahkan tidak segan untuk menindak oknum para pelaku penjual Miras illegal  yang bandel ke rana pidana, sementara bagi toko yang memiliki izin  akan dicabut.

Menurut Kapolresta, penindakan tersebut merupakan langkah agar oknum-oknum tersebut jerah. Hal ini mengingat selama ini upaya persuasif  dan himbauan yang diberikan pihak Kepolisian tidak diindahkan sama sekali.

“Saya sudah perintahkan kepada seluru personel  untuk tindak tegas para penjual miras illegal. Saya juga perintahkan kepada jajaran apabila ada satu toko yang berbuat seperti itu, maka wajib police line dengan disita barangnya, periksa orangnya dan saya akan  mengusulkan ke Walikota Jayapura untuk mencabut izin nnya,” tegas Kapolresta usai acara serah terima jabatan Kasat Reskrim Polresta Jayapura di halaman Mapolresta Jayapura Kota, Sabtu (8/2).

Lanjut Gustav, dalam waktu dekat dirinya akan menyurat ke Pemeritah Kota Jayapura terkait sanksi cabut izin  usaha bagi toko yang menyalahi aturan jam jual Miras tersebut.

“Kami sudah koordinasi dengan pemerintah dan kami tinggal menyurat apabila ada toko yang menyalahi izin  dari pada usaha itu sendiri, ini menjadi atensi saya diawal tahun 2020 bersamaan dengan kasus curanmor dan narkoba serta angka miras illegal,” tuturnya.

Sementara itu, penidakan bagi penjual miras illegal akan membangun koordinasi dengan Pihak Kejaksaan tinggi terkait hukum pidana  yang akan tegakan kepada oknum tersebit baik untuk UU khusus atau KUHP.

“Rupanya Perda tidak memberikan efek jerah, sehingga saya mohon dukungan Kejaksaan Negeri  untuk kita akan bicarakan dan rapatkan untuk mendorong undang-undang hukum pidana,” harapnya.

Dirinya meminta kepada seluruh personel  bekerja maksimal tanpa pandang bulu dan akan memberikan reward kepada personel  maupun satuan yang mengungkap kasus peredaran Miras illegal bahkan toko miras yang menyalahi aturan jam jual. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *