Minta Menkominfo  Perhatikan Internet di Asmat

Anggota Komisi I DPR RI, Yan P. Mandenas, saat kunjungan kerja di Kota Agats, Kabupaten Asmat, Jumat (7/2) lalu. (Gratianus Silas/Cepos)

AGATS- Komisi I DPR RI bidang komunikasi dan informatika melakukan kunjungan kerja di Kota Agats, Kabupaten Asmat, dalam rangka meninjau langsung koneksi komunikasi, serta  jaringan internet, Jumat (7/2) lalu.

   Anggota Komisi I DPR RI, Yan P. Mandenas, menampung aspirasi dari masyarakat setempat, termasuk guru sekolah, pelajar SMA/K, serta pula pemerintah kabupaten Asmat, dalam hal ini Bupati Asmat, Elisa Kambu.

   Jaringan internet di Asmat, khususnya di Kota Agats, dinilai belum stabil, terlebih untuk memenuhi fasilitas di SMA/K yang mempersiapkan diri dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer pada Maret mendatang.

  Pemerintah Kabupaten Asmat, dalam hal ini Bupati Asmat, pun tak dapat berbuat banyak, kecuali sebagai perpanjangan tangan komunikasi ke pemerintah provinsi. Pasalnya, kewenangan SMA/K kini telah dilimpahkan ke pemerintah provinsi, termasuk kebijakan anggaran.

   Dalam hearing publik tersebut, Mandenas mendapat informasi bahwa komunikasi antara Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat dan Dinas Pendidikan Provinsi Papua telah berjalan, namun mengenai hal-hal yang bersifat teknis, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan, masih sulit untuk disikapi dengan segera.

   “Kita harapkan di Agats ini menjadi prioritas (internet), terlebih terdapat 3 SMA dan 5 SMP. Namun, di beberapa ibu kota distrik juga terdapat SMA dengan fasilitas internet yang belum optimal. Palapa Ring Timur sudah sampai di Asmat, tinggal nanti bagaimana Kemkominfo mewajibkan operator untuk memanfaatkan fasilitas ini scara maksimal. Kalau ini sudah bisa didorong, masalah jaringan ini bisa terpecahkan,” beber Bupati Asmat, Elisa Kambu, Jumat (8/2) lalu.

   Dengan kehadiran anggota Komisi I DPR RI,  Yan P. Mandenas yang  merupakan Anggota DPR RI Dapil Papua, maka diharapkan dapat dijadikan bahan untuk dikomunikasikan langsung dengan Kementerian Kominfo.

   Yan Mandenas sendiri mengaku akan memprioritaskan agar jaringan internet untuk kepentingan pendidikan di Asmat mendapat perhatian dari Menteri Kominfo. “Ini jaringan untuk kepentingan pendidikan, sehingga nanti saya prioritaskan, sampaikan langsung ke Menteri Kominfo. Ini sudah menjadi tanggung jawab saya, sehingga akan saya bantu maksimal untuk menambah kapasistas internet di sekolah-sekolah di Asmat. Nanti selanjutnya, kita serahkan secara administrasi melalui bupati. Tugas saya selanjutnya yakni mengawal kebijakan dan program untuk turun lagi ke Asmat,” jelas Yan P. Mandenas. (gr/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *