Memulai Dengan Membumi Untuk Negeri

TANAM POHON – Salah satu mahasiswa Uncen, Marce Mauri berdiri di tengah lokasi penanaman pohon sambil melumuri badannya dengan lumpur dan memegang satu bibit mangrove untuk mengekspresikan perasaannya dari kondisi hutan di Jayapura saat ini. Ini dilakukan dalam kegiatan penanaman 1000 pohon oleh IAGI Pengda Papua di Mendug, Teluk Yotefa, Sabtu (8/2) (Gamel Cepos)

IAGI Dorong Lahirnya Geo Park  Papua

JAYAPURA – Penanaman 1000 bibit mangrove di Mendug, Teluk Yotefa menjadi momentum untuk memulai program tahunan bagi Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengda Papua. Kegiatan ini diikuti mahasiswa dari berbagai jurusan termasuk BBKSDA Papua dan Rumah Bakau Jayapura. Tahun 2020 ini para ahli geologi  di Papua telah menyusun sejumlah program kerja yang salah satunya menanam pohon termasuk seminar yang akan menghadirkan sejumlah tokoh nasional termasuk Basuki Tjahya Purnama (Ahok) dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Ketua IAGI Pengda Papua, Robert Awi menyampaikan bahwa menanam menjadi agenda awal untuk memulai program. Tagline yang dipakai adalah membumi untuk negeri. Tujuannya adalah memberikan sesuatu bagi negeri atau tanah dimana IAGI berdiri. “Kami senang karena agenda awal bisa berjalan dengan baik dan ada 1000 bibit yang kami tanam. Ada banyak hal yang  IAGI programkan tahun ini termasuk kami akan  melakukan seminar refleksi 1 tahun banjir bandang di Kabupaten Jayapura pada Maret nanti,” kata Robert Awi, Sabtu (8/2).

Dalam refleksi tersebut kata Robert nantinya akan diulas tentang penyebab banjir bandang termasuk kondisi geologi di kawasan Cycloop. Ini dianggap penting agar masyarakat dan pemerintah mengetahui soal potensi-potensi yang kemungkinan akan kembali terjadi. “Kesimpulannya kami ingin ilmu yang dimiliki lebih memberi manfaat bagi masyarakat dan kami memulai dengan menanam,” katanya.  IAGI juga tengah menyiapkan usulan untuk  mendorong lahirnya geo park yang  nantinya lebih banyak menyingung soal Cycloop dan Danau Sentani. Hal ini terbilang menarik mengingat sampai saat ini Papua belum memiliki geo park.

“Kami juga akan berbicara soal itu dan kami pikir penting dimana Papua memiliki kondisi hutan dan alam yang sangat menjanjikan,” pungkasnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *