Siapkan Pengamanan, Tim Mabes Polri Kunjungi Venue PON

- Jumat, 7 Februari 2020 | 09:26 WIB
Peninjauan Venue PON oleh tim Mabes Polri yang didampingi Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas, Kamis (6/2)
Peninjauan Venue PON oleh tim Mabes Polri yang didampingi Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas, Kamis (6/2)

JAYAPURA- Tim Mabes Polri yang terdiri dari Kabag Intelkam, As Ops Kapolri, Korlantas dan beberapa tim kerja lainnya meninjau langsung Venue Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua diantaranya lapangan tembak indoor, Stadion Papua Bangkit dan meninjau lokasi PON lainnya.


As Ops Kapolri Irjen Pol  Herry Rudolf Nahak menyampaikan, saat ini masih melihat venuenya seperti apa, kemudian Polri sebagai penanggung jawab keamanan nanti pada saat penyelenggaraan PON mulai mempersiapkan rencana pengamanan.


“Karena sebagian venuenya belum selesai, kita melakukan pendataan dulu terkait venue - venue yang ada kemudian nanti akan ada dimana tempat penampungan atlit, akomodasi dan sebagainya itu semua menjadi bagian dari upaya kita untuk menyiapkan rencana pengamanan,” terang mantan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Herry Nayak yang didampingi Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, Kamis (6/2).


Sementara itu, Kepala Korps Lalulintas Polri, Irjen Pol Refdi Andri, memperkirakan lebih kurang 9.000 atlet dan official ditambah dengan tamu VIP  yang akan datang pada saat penyelenggaraan PON nantinya. Untuk tamu Polri mengantisipasinya dengan berapa jumlah personil yang melayani masalah pengawalan, pengaturan, tempat parkir dan lain - lain ini yang harus dicover.


Dikatakan, waktu tempuh dari stadion atau venue ini ke hotel dan bandarapun diperhitungkan. Yang menjadi titik - titik pertandingan tersebar di empat titik akan dicover semuanya, dimana kebutuhan personil, kebutuhan kendaraan roda 2 dan roda 4.


Korlantas sendiri akan menambahkan personil dan armada roda 2 dan roda 4, tentunya nanti akan di back up dari wilayah Polda terdekat misalnya Manado, Makassar, Maluku dan  Mabes Polri.


Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyampaikan kedatangan tim yang dipimpin langsun dari Mabes Polri yaitu Kaba Intelkam, As Ops, Ka Korlantas serta rombongan untuk melihat langsung secara fisikal bagaimana kesiapan penyelenggaraan PON terutama dari sisi bagaimana membuat konsep pengamanan.


“Kami pada prinsipnya melakukan upaya - upaya pendekatan bersama dengan Kodam Pangdam XVII/Cenderawasih dan jajaran untuk mendukung dan membantu mensukseskan  penyelenggaraan iven nasional ini,”  terangnya.


Terkait personil pengamanan Kapolda menyampaikan nanti disusun dulu karena itu berkaitan dengan jumlah peserta yang akan hadir termasuk nanti juga akan dilibatkan satuan - satuan pengamanan yang datang mendampingi para tim kontingen itu sendiri.


Dikatakan, Tim selain meninjau venue yang ada di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura juga akan meninjau venue lainnya yang ada di Kabupaten Merauke dan Kabupaten Timika. (fia/gin)

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Indibiz Raih Penghargaan Product Of The Year 2024

Kamis, 28 Maret 2024 | 22:06 WIB

Gelar Aksi Bela Palestina, Ribuan Orang Padati Monas

Minggu, 5 November 2023 | 09:51 WIB

DBL Indonesia Umumkan Penjualan Tiket dan Seat Plan

Minggu, 5 November 2023 | 07:57 WIB
X