Penyederhanaan Eselon, Ada Kekhususan bagi Papua

Nicolaus Wenda (Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Nicolaus Wenda, menjelaskan bahwa kemungkinan besar Pemerintah Provinsi Papua mendapat kekhususan perihal pemangkasan eselon III dan IV di stuktur organisasi pemerintah.

Termasuk, dalam kaitannya dengan pengusulan pejabat eselon III dan IV dalam mengisi jabatan kepala bidang maupun kepala seksi di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah ditetapkan, Wenda mengaku masih menunggu petunjuk dari gubernur.

“Ada penyederhanaan eselon III dan IV sebagaimana penyampaian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Makanya, kami juga sedang menunggu itu. Tapi, ada kekhususan yang diberikan bagi Papua, Papua Barat, Yogyakarta, Aceh, dan DKI Jakarta,” jelas Nicolaus Wenda kepada Cenderawasih Pos, Selasa (4/2) kemarin.

Dalam hal ini, kekhususan yang diberikan ialah opsi untuk tetap mempertahankan eselon III dan IV, sehingga tidak seperti provinsi lainnya di Indonesia yang harus menyederhanakan eselonering.

“Dengan demikian, sekalipun uji coba penyederahan eselon sudah dilakukan di pemerintah tingkat daerah, dalam hal ini OPD yang berkaitan dengan investasi, termasuk pula di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua, namun, dalam penyampaiannya, ada satu poin bahwa terjadi penyederhanaan eselon, ada kekhususan bagi Papua, Papua Barat, Aceh, Yogyakarta, dan DKI Jakarta. Kemungkinan besar, kita tidak memangkas eselon III dan IV,” pungkasnya. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *