Kuota Calon Haji Merauke 126  Orang

MERAUKE-Kuota Calon Haji  untuk Kabupaten  Merauke pada musim haji  tahun 2020, sebanyak  126 orang.  “Untuk musim  haji  tahun 2020, kita Merauke  diberi kuota sebanyak 126 orang,’’ kata  Kepala Kantor   Agama Kabupaten Merauke Gabriel Rettobyaan  ketika ditemui media   ini di ruang kerjanya,   Selasa (4/2).

  Sementara   untuk cadangan  sebanyak 8 orang. Namun   cadangan  ini  berada di paling  akhir dari  cadangan  untuk Papua. Karena   untuk    Provinsi Papua, cadangan yang diberikan  sebanyak 50 orang. Sedangkan   untuk  Merauke  cadangan berada di  nomor urut mulai  43 sampai 50.

  ‘Jadi cadangannya  berada di paling akhir.  Ada kemungkinan   bisa berangkat, tapi    juga  tidak,’’ kata Gabriel Rettobyaan.

  Menurutnya, cadangan     ini  diberangkatkan apabila  dari kuota reguler  tersebut ada yang   berhalangan    ikut     naik  haji.   Rettobyaan mencontohkan, selama 2 tahun  berturut-turut 2 calon  haji  reguler yang  tidak  ikut  haji.  ‘’Kami  sendiri   tidak tahu  alamat kedua  orang  tersebut. Kita sudah  coba mencari dan sampaikan  kepada masyarakat  terutama  para calon haji    tapi   tidak  ada yang tahu keberadaan kedua  orang tersebut,’’ katanya.

  Nama kedua   orang ini  masih  termasuk  dalam kuota 126 orang  tersebut. ‘’Kedua orang  ini tidak bisa diganti oleh orang  lain,’’ jelasnya.

  Soal manasik haji, Rettobyaan menjelaskan bahwa untuk   manasik haji secara mandiri  telah dilaksanakan   setiap hari Sabtu  dan Minggu di Masjid Raya Al-Aqsa Merauke. Sedangkan  manasik haji secara nasional, pihaknya masih menunggu dana dari Badan Keuangan Haji Indonesia. (ulo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *