Stop Berkunjung ke Negara yang Terdampak Virus Korona

Yan P. Mandenas (Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Anggota Komisi I DPR RI, Yan Mandenas, meminta rakyat Indonesia, termasuk masyarakat Papua, untuk sementara waktu ini tidak melakukan kunjungan ke negara-negara yang telah terdampak Coronavirus (2019-nCoV), baik sifatnya kunjungan kedinasan, bisnis, maupun liburan.

“Ini dilakukan dalam rangka mencegah rakyat Indonesia, termasuk masyarakat Papua, tertular 2019-nCoV yang mematikan itu. Ini dilakukan dalam mengaja dan menjamin kesehatan dari masyarakat kita pada umumnya,” jelas Yan Mandenas kepada Cenderawasih Pos, Rabu (5/2) kemarin.

Mencegah terjadinya hal terburuk terjadi dalam penyebaran 2019-nCoV, Mandenas meminta masyarakat Papua untuk memperhatikan hal-hal kecil namun penting, seperti halnya mengenakan masker ketika berpergian ke luar kota, agar mencegah diri tertular 2019-nCoV yang mematikan tersebut.

“Terlebih hingga kini semakin banyak korban berjatuhan akibat terdampak virus ini. Termasuk juga belum ditemukannya obat untuk menyembuhkan korban yang terdampak virus ini. Dengan demikian, pencegahan merupakan langkah yang paling tepat untuk dilakukan. Kita jaga agar tidak ada masyarakat Papua yang terdampak virus ini,” tambahnya.

Mandenas pun memastikan bahwa pemerintah Indonesia bertanggung jawab untuk terus memantau dan menjamin keselamatan WNI di Tiongkok, termasuk mahasiswa Papua. Oleh sebab itu, keluarga yang berada di Indonesia diharapkan untuk bersabar dan tetap tenang.

“Pasalnya, pemerintah sedang intens menangani WNI di Tiongkok, sehingga rakyat Indonesia di Tiongkok tetap perhatian dan perlindungan negara. Salah satu bentuk perhatian ialah dengan evakuasi/pemulangan kembali ke Indonesia yang menjadi langkah Kemlu dan Kemenkes, yang terus mendapat pantauan dari Presiden RI,” pungkasnya. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *