Perkara Rusuh Wamena Dilimpahkan ke PN Biak

WAMENA – Ketua Pengadilan Negeri Wamena Yajid SH, MH memastikan telah menerima sebagian perkara kerusuhan Wamena yang telah dilimpahkan untuk disidangkan.  Namun sebagian lagi akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri   Biak Numfor, lantaran telah keluarnya fatwa Mahkamah Agung untuk ditindak lanjuti dalam sidang disana.

   Menurutnya, tahun lalu pihaknya telah menyelesaikan 84 perkara, sementara di tahun 2020 tepatnya pada bulan Januari kemarin, pihaknya telah menerima 19 perkara termasuk salah satunya sebagian terdakwa perkara kerusuhan Wamena yang saat ini telah sampai pada pengambilan putusan sela.

  “Tak semua perkara kerusuhan Wamena dilimpahkan kepada kita, sesuai dengan fatwa Mahkamah Agung, sebagian dari perkara ini akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Biak untuk ditindaklanjuti dalam sidang di sana,”ungkapnya, Sabtu (1/2) kemarin.

  Yajid menyatakan, untuk perkara kerusuhaan Wamena terdakwa lainnya memang belum dilimpahkan dan mereka akan dilimpahkan ke PN Biak. Sedangkan untuk pelaku kerusuhan Wamena yang dilimpahkan ke Pengadilan Wamena itu ada 8 terdakwa yang ditangani disini dan akan diambil putusan sela.

  “Kita terima 8 terdakwa dari kasus kerusuhan Wamena, sisanya akan dialihkan ke Pengadilan Negeri Biak untuk ditindaklanjuti di sana,”ujar Ketua Pengadilan Negeri Wamena.

   Lanjut Yajid, dilakukan karena terhadap dakwaan yang diajukan jaksa penuntut umum ini terdakwa melalui penasehat hukumnya mengajukan esepsi, sehingga ketika terdakwa melakukan eksepsi maka majelis hakim memberikan kesempatan kepada penuntut umum agar mengajukan tanggapan atas eksepsi.

  “Selanjutnya majelis hakim memutuskan putusan sela, atau esepsi dilanjutkan atau perkara dilanjutkan di sidang di Wamena.”jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *