Wajar Tambah Macet, Tiap Bulan 2000 Unit Kendaraan Masuk

Suasana diskusi pengawasan peraturan daerah Kota Jayapura triwulan 1 oleh pimpinan DPRD kota Jayapura yang berlangsung di SMK Negeri 3 Kotaraja, Rabu, (29/1) kemarin. (Noel/Cepos)

Masyarakat Diminta Patuhi Aturan Laluintas

JAYAPURA- Masyarakat diharapkan tunduk dan patuh terhadap peraturan lalu lintas guna terhindar dari kecelakaan. Hal ini hal ini dikatakan Kepala Dinas Perhubungan kota Jayapura Justin Sitorus.

Dia mengatakan pihaknya lakukan sosialisasi bersama DPR di kota Jayapura ini karena itu produk hukumnya yang sudah disahkan sejak tahun 2012. Oleh sebab itu seluruh masyarakat yang ada di kota Jayapura maupun yang masuk ke kota Jayapura tunduk dan bisa melaksanakan amanat Perda Nomor 10 tahun 2012 tentang penyelenggaraan lalu lintas.

Kata Sitirus kota Jayapura banyak hal-hal yang sudah dilakukan, tapi pasti saja yang belum maksimal namun dengan fasilitas-fasilitas seperti dengan adanya CCTV atau lampu lampu merah yang sudah berstandar nasional maka masyarakat juga harus tunduk mengikuti itu seperti lampu merah itu sudah diatur.

Dia juga mengingatkan, kepada masyarakat yang mengendarai roda dua untuk ikuti aturan, seperti jika keluar dari jalan lingkungan ke jalan protokol harus mengikuti aturan, jangan menurunkan penumpang sembarangan dan sebagainya.

Soal sejumlah ruas jalan yang macet, dia menyebut hal tersebut karena jumlah kendaraan yang tak sebanding dengan sarana pendukung. Dia menyebut berdasarkan data yang diterima dari kantor Samsat bahwa pertumbuhan kendaraan mencapai 2000 unit per bulan, sementara jalan yang ada hanya segitu saja.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Kota, Jhon Y. Betaubun, mengatakan dengan kegiatan ini ada respon dari masyarakat dimana dalam triwulan pertama Januari Februari Maret ini akan melakukan pengawasan peraturan daerah dan di kali ini  mengambil dua perda yaitu Perda terkait dengan angkutan jalan maupun Perda terkait dengan tuberkulosis dari dinas kesehatan maupun dinas perhubungan.

“Kami dewan apresiasi untuk ibu kadis kesehatan Kota Jayapura maupun Pak Kadis Perhubungan yang sudah menjelaskan secara baik kepada DPRD kota Jayapura terkait dengan penerapan peraturan daerah itu baik Perda tuberkolosis maupun Perda terkait dengan angkutan jalan dan tentunya DPRD kota Jayapura selalu mendukung program-program yang dilakukan oleh Walikota Jayapura kepada masyarakat dan ini yang dilakukan adalah kami melakukan untuk betul-betul maksimal dalam pelaksanaannya,” katanya. (oel/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *