Puskesmas Sentani Miliki Sejumlah Fasilitas Berkelas

Bupati Mathius Awoitauw, SE,M.Si  saat memotong pita sebagai tanda diresmikannya penggunaan Puskesmas Sentani, di Kampung Kemiri, Selasa (28/1). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si meresmikan pemanfaatan gedung baru Puskesmas Sentani, yang berlokasi di Kampung Kemiri, Jalan Kemiri, Distrik Sentani. Puskesmas itu sudah mulai digunakan beberapa waktu yang lalu dan baru diresmikan, Selasa (28/1).

Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, selain bangunan baru, Puskesmas itu juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan peralatan medis yang berkelas guna memenuhi standar Kementerian Kesehatan.

“Misalnya  peralatan sanitarian  berstandar Kemenkes yang mampu digunakan apabila tamu negara berkunjung ke Papua,” ujar Khairul Lie kepada wartawan di Sentani, Selasa (28/1).

Lanjut dia, Puskesmas itu juga memiliki peralatan pendukung yang dapat memberikan layanan paripurna seperti,  alat USG  portable, alat inkubator listrik dan infant warmer.

Kemudian ada juga alat Kimia Klinik dengan kemampuan sama seperti pada rumah sakit. Pihaknya berharap, berbagai keunggulan fasilitas itu dapat  menjadi rujukan pemeriksaan laboratorium dari Puskesmas lainnya.

Hal ini mendukung pencapaian SPM Kesehatan terutama penanggulangan Penyakit Tidak Menular (PTM). Selain itu, Puskesmas Sentani juga sudah dilengkapi dengan alat TCM untuk program TB. Kemudian untuk pelayanan sudah dilengkapi dengan peralatan sistem antrian pasien  digital, sehingga memudahkan pasien dalam mendapat layanan secara efisien dan alat ini memungkinkan pasien dapat mendaftar loket mulai jam 12 malam.

Dia menambahkan, tujuan pengembangan Puskesmas tersebut untuk memberikan layanan yang nyaman dan mengikuti perkembangan ilmu kesehatan serta mendukung visi dan misi kepala daerah.

“Ini juga untuk mewujudkan  SPM Kesehatan di Kabupaten Jayapura, mendukung PON  XX dan  menuju akreditasi Puskesmas paripurna pertama di Papua,”tambahnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *