Bapenda Siap Naikkan NJOP PBB

Sekda Jayapura, Hanna Hikoyabi saat menyerahkan peta zona nilai tanah kepada Kepala Bapenda Kabupaten Jayapura, Theopilus Tegai di Lantai Dua Kantor Bupati Jayapura, Selasa (28/1). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Jayapura, Badan Pendapatan Asli Daerah  (Bapenda) Kabupaten Jayapura akan menaikkan Nilai Jual Objek Pajak untuk  Pajak Bumi dan Bangunan (NJOP PBB)  di Kabupaten Jayapura.

“Sudah ada perjanjian kerja sama antara  Bupati Jayapura dengan kepala Kakanwil BPN Papua dan Bapenda untuk melalukan penilaian zona nilai tanah. Hari ini, pertanahan mempresentasikan kepada Sekda  guna dijadikan sebagai refrensi untuk menaikkan, atau melakukan revisi nilai jual objek pajak bumi dan bangunan,” kata Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura, Theopilus Tegai kepada wartawan di Sentani, Selasa (28/1).

Sehubungan dengan itu, kata dia, NJOP PBB, sejak Januari 2014, mendapat pelimpahan dari KPP Pratama Jayapura. Terkait hal itu, pihaknya tidak pernah melakukan revisi itu, sementara di lapangan atau di pasar, transaksi sebidang tanah itu sudah lebih dari NJOP yang ada di Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT-PBB).  Kemudian, arahan KPK, Kosupga KPK Perwakilan Papua dan Papua Barat bahwa Pemkab Jayapura melalui Bapenda harus fokus di empat distrik yang berpotensi, mulai dari Distrik Sentani, Sentani Timur, Sentani Barat dan Waibu.

“Khusus untuk tadi yang sudah dipresentasekan oleh BPN, nanti dari Bapenda sendiri akan melakukan identifikasi datanya lagi agar di kawasan komersial itu harus dinaikkan NJOP-nya sesuai, nilai pasar sekarang,”bebernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *