Lanjutan Repatriasi Kerangka Tentara Jepang Kembali Disosialisasikan

Sosialisasi repatriasi kerangka tentara Jepang yang gugur dalam perang dunia II di Provinsi Papua, di ruang rapat Bappeda Kabupaten Biak Numfor, Senin (28/1). (Fiktor/Cepos)

    Salah satu saksi bisu gugurnya ribuan tentara Jepang di Papua adalah sebuah goa yang disebut Goa Jepang (Goa Binsari). Saat menduduki Indonesia, Jepang memanfaatkan goa-goa alam di wilayah Biak sebagai tempat persembunyian, perlindungan, dan tempat penyimpanan senjata. Goa Jepang merupakan tempat pertahanan yang sangat kuat dan sulit sekali ditembus tentara sekutu.

   Untuk melumpuhkan goa, pasukan sekutu di bawah pimpinan Jenderal McArthur menjatuhkan drum-drum bahan bakar yang ditembaki dari udara, ribuan tentara Jepang tewas terkubur dalam goa. Kerangka-kerangka eks tentara Jepang tersebut kemudian berusaha dikembalikan ke keluarga dan pemerintah Jepang.

  Selain di Biak, kerangka-kerangka serdadu Negeri Matahari Terbit itu diisebut tersebar di beberapa daerah, seperti di Sarmi dan Jayapura serta beberapa daerah lainnya. Pengembalian kerangka ini murni mempertimbangkan aspek kemanusiaan.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *