BPK Sampaikan Kiat-Kiat   Raih WTP

Suasana Focus Group Discussion (FGD) optimalisasi tindaklanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK,  yang digelar oleh BPK dan diikuti tiga kabupaten, di Asana Hotel Biak, Selasa (28/1) kemarin. (Fiktor/Cepos)

BIAK-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Papua tak hanya bertindak sebagai auditor, namun juga berupaya melakukan pembinaan terhadap pengelolaan keuangan dan aset-aset daerah. Salah satunya misalnya dilakukan dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) optimalisasi tindaklanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK, di Asana Hotel Biak, Selasa (28/1) kemarin.

   FGD yang ditujukan bagi tiga kabupaten (Biak Numfor, Supiori dan Kepulauan Yapen) dilakukan dalam rangka optimalisasi tindaklanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK tahun 2018. Dengan FGD itu, maka diharapkan pemerintah daerah setempat dapat mengetahui upaya-upaya peningkatan pengelolaan keuangan dan aset daerah yang lebih baik kedepan.

   Kepala BPK Perwakilan Papua Paula Hendry Simatupang mengungkapkan, bahwa ada sejumlah hal atau kiat yang perlu diketahui dan menjadi perhatian serius diketahui untuk menjaga atau memperoleh Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian  ( WTP).

Hal tersebut, antara lain; adanya komitmen daerah, menindaklanjuti temuan atau rekomendasi daerah, membuat rencana aksi, membentuk tim, antisipasi temuan baru di tahun berjalan, mengefektifkan SPI, dukungan regulasi, dukungan anggaran, monitoring dan evaluasi, meningkatkan kualitas pemahaman dan keahlian, optimalisasi peran APIP dan dukungan IT.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *