Selain Penangkal Bahaya, Barongsai kini jadi Hiburan

Khusyuk umat Budha saat beribadah dalam Wihara Arya Dharma, Sabtu (25/1) lalu. (Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Wihara Arya Dharma Skyland kerap menjadi tempat peribadatan bagi umat Budha di tanah papua di hari raya Imlek yang jatuh pada Sabtu (25/1). Kemeriahaan Imlek Sabtu kemarin, tidak hanya dirasakan masyarakat Tionghoa yang ada di Kota Jayapura. Melainkan juga warga Kota Jayapura.

Ketua Yayasan Wandiyanto menyebutkan, warga Kota Jayapura datang ke Wihara menikmati semarak imlek. Para pengunjung yang datang  memotret berbagai sudut wihara yang berhiaskan lampion dan pernak-pernik khas imlek  yang ada di setiap sudut Wihara. “Keterlibatan masyarakat  merupakan hal yang positif, apalagi yang main barongsai adalah anak-anak muda bahkan sebagian dari mereka adalah anak-anak papua,” ucap Tedy kepada wartawan.

Dikatakan, ini adalah kesempatan untuk para pemuda mengembangkan bakat dalam hal kebajikan sesama umat manusia itu sendiri. Adapun Imlek tahun ini, Wihara Arya Dharma menampilkan 5 pertunjukan barongsai di halaman Wihara. Bagi warga Tionghoa, Barongsai dipercayai sebagai penangkal bahaya. “Namun saat ini pertunjukan Barongsai sudah seperti entertainment untuk menghibur dan malah sudah berbaur,” ucapnya.

Dilain sisi, Tedy mengaku bahwa Imlek tahun ini tidak seramai tahun lalu. Hal ini dikarenakan banyak warga Tionghoa yang kembali ke kampung halamannya untuk berkumpul bersama keluarga besar mereka. “Imlek tahun ini banyak orang Tionghoa yang pulang ke rumah orang tuanya, sehingga kita berkurang dan ditambah lagi adanya flu,” ucapnya.

Tedy juga menyebut bahwa ini merupakan tahun baru dengan shio tikus, dimana diyakini sebagai kelangsungan untuk mendapatkan berkah di tahun ini luar biasa yang tentunya dengan usaha dan kerja keras yang dilakukan.

Sementara itu, Melisa salah satu warga Kota Jayapura mengaku setiap Imlek dirinya dan keluarga biasa datang ke Wihara untuk menyaksikan pertunjukan barongsai serta ingin mendapatkan angpau. “Setiap kali imlek pasti ke sini, ini kali ketiga saya ke sini hanya untuk melihat pertunjukan barongsai,” ucapnya. Dari pantauan Cenderawasih Pos di lapangan, di hari Imlek kemarin umat Budha di Jayapura tetap beribadah sebagaimana biasanya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *