Dari SDM, Perdasus Pendidikan, hingga Kurikulum Perlu Mendapat Perhatian

Christian Sohilait (gratianus silas/cepos)

Hal ini pun tak ayal menjadi pekerjaan rumah di sektor pendidikan dari Kepala OPD terkait, dalam hal ini Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Provinsi Papua dalam mengomando jajarannya dalam merealisasikan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yang juga sejalan dengan prioritas Presiden RI.

“Harus diakui bahwa pendidikan merupakan masalah yang berat. Oleh sebab itu, perlu lihat satu per satu persoalannya, untuk kemudian dilakukan pembenahan. Yang terutama ialah SDM, yang menjadi persoalan besar di OPD ini, mulai dari guru hingga aparat pendidikan pada umumnya, untuk dibenahi,” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait.

Kemudian, Sohilait menyebutkan bahwa aparat TNI dan Polri kini pun telah memiliki program mengajar baik di daerah perbatasan negara maupun di daerah pedalaman. Tidak ada yang salah memang dengan program ini. Sebaliknya, malah diapresiasi karena mereka pun ikut peduli dengan persoalan pendidikan, khususnya di Papua.

Makanya, dalam dua – tiga bulan terakhir ini, sambung Sohilait, Perdasus Pendidikan harus diselesaikan. Pasalnya, di situ ada tertuang jaminan bagi peserta didik mendapatkan pendidikan, salah satunya dengan membagi kewenangan antara orang tua, stakeholder terkait, dan pemeritnah.

  “Tak ketinggalan, anak-anak jalanan yang tidak merasakan bangku pendidikan pun harus diberikan perhatian, seperti anak-anak yang berjualan buku hingga anak-anak aibon yang saya pikir tereksploitasi, namun tak dapat kita intervensi terlalu jauh karena belum adanya regulasi yang terperinci tentang itu, yang dalam hal ini Perdasus Pendidikan,” bebernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *