6.872 Peserta Ikut Tes CPNS Formasi Instansi Pusat

PERSIAPAN TES: Sejumlah komputer yang telah disediakan oleh Kantor Regional IX Jayapura, untuk persiapan tes CPNS formasi 2019 intansi Pusat, Minggu (26/1).(Yewen/Cepos)

JAYAPURA-Sesuai dengan jadwal yang disampaikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Senin (27/1) ini akan dilaksanakan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi kementerian, lembaga, dan badan  yang ada di seluruh Indonesia.

Tes CPNS formasi pusat ini akan berlangsung di setiap Kantor Regional Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di seluruh Indonesia. salah satunya adalah Kantor Regional IX BKN Jayapura yang akan melakukan tes CPNS sesuai dengan formasi pusat yang ada di Jayapura.

Kepala Kantor Regional IX BKN Jayapura, Drs. Paulus Dwi Laksono, MUP, mengatakan bahwa mulai hari ini Kantor Regional IX BKN Jayapura akan melaksanakan seleksi tes CPNS formasi 2019 untuk instansi pusat.

“Besok (hari ini,red) akan dimulai dari instansi Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Tes CPNS ini akan berlangsung hingga 17 Februari mendatang,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Minggu (26/1).

Tes CPNS di Papua ini menurut Paulus akan diikuti 6.872 peserta  yang akan memperebutkan kursi CPNS di 25 instansi pemerintah pusat untuk formasi 2019.

Menurut Paulus, para peserta tes CPNS harus datang sesuai dengan jadwal yang ada. Kehadirannya paling lambat 60 menit sebelum SKD dimulai. Peserta yang yang terlambat tidak diperkenankan masuk untuk mengikuti seleksi atau dianggap gugur.

Datang membawa dokumen dengan membawa kartu tanda penduduk (KTP) atau surat keterangan dan surat kartu ujian peserta tes. Menggunakan pakaian rapi sesuai dengan ketentuan instansi masing-masing,” ucapnya.

Paulus mengatakan tes CPNS formasi 2019 instansi pusat ini akan menggunakan sistem computer assisted test atau sistem CAT, yaitu sistem penerimaan CPNS menggunakan komputer.

“Penggunaan CAT ini, agar cepat dimana peseta langsung tahu nilai test, akuntabel, dimana bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, dan transapran, dimana terbuka dan semua bisa melihat hasilnya,” katanya.

Paulus, mengimbau peserta tes CPNS agar tidak terpengaruh untuk rayu para calon CPNS yang menjanjikan yang bisa meloloskan, sebab kelulusan tes CPNS hanya berdasarkan kemampuan dari setiap para peserta tes CPNS yang akan tes.

“Ini paling penting, karena kelulusan tes CPNS hanya berdasarkan kemampuan yang besangkutan dan tidak ada yang mempengaruhinya. Apalagi ini merupakan sebuah sistem melalui aplikasi komputer dan panitiapun tidak bisa mengantinya,”himbaunya. (bet/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *